Harapan Taufik Hidayat: Lapangan Bulutangkis Internasional di Bandung

Yudha Maulana - Sport
Rabu, 13 Okt 2021 09:07 WIB
Taufik Hidayat, olahraga detik ini juga
Foto: Wisma Putra/detikcom
Bandung -

Legenda bulutangkis Indonesia Taufik Hidayat punya harapan Jawa Barat punya fasilitas olahraga multicabang taraf internasional, termasuk venue badminton di Bandung. Ia pun sudah melontarkan harapan itu ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Hal tersebut disampaikan Taufik Hidayat usai bertanding bulutangkis di lapang badminton Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Kota Bandung belum lama ini.

"Secara prestasi, Jawa Barat ini selalu bagus dan bersaing dengan Jawa Timur juga DKI. Mudah-mudahan bisa mempertahankan, dalam arti ke depan fasilitas dan SDM bisa lebih baik lagi karena kalau ada fasilitas dan SDM akan melahirkan atlet yang berprestasi," kata Taufik kepada detikSport.

"Kalau atlet dan SDM banyak fasilitasnya enggak ada, percuma juga, takutnya kabur dari Jawa Barat," tambahnya.

Hal itu pun Taufik sampaikan ke Ridwan Kamil. Ia berharap Ridwan Kamil membuat venue berbagai cabang olahraga yang difokuskan di setiap daerah di Jawa Barat. Termasuk lapangan badminton bertaraf internasional di Bandung.

"Kenapa di Bandung enggak bikin lapangan internasional. Mungkin kalau Kang Emil masih ingat, pas jadi wali kota saya pernah bilang di Bandung harus punya," ujarnya.

Menurut Taufik, sudah banyak atlet badminton Jawa Barat yang mengukir prestasi di kancah internasional. Seperti diketahui, Taufik Hidayat sendiri pernah meraih medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade Athena Tahun 2004 lalu.

Taufik Hidayat, olahraga detik ini juga, Ridwan KamilTaufik Hidayat dan Ridwan Kamil Foto: Wisma Putra/detikcom

"Dari tahun 92 sampai sekarang tuh paling banyak peraih Olympic tuh atlet Jawa Barat, tapi Jawa Barat sendiri tidak punya fasilitas internasional. Pingin-lah dibangun, satu gedung multifungsi yang internasional bisa dipakai voli dan juga basket, mungkin tenis, karate dan juga taekwondo juga bisa. Buat hiburan juga bisa tergantung desain juga," jelasnya.

Saat disinggung keberadaan GOR Badminton yang ada di Jalan Jakarta, Kota Bandung, Taufik menilai fasilitas itu masih punya sejumlah kekurangan. "GOR Bandung buat saya sih masih banyak kekurangannya," tuturnya.

Taufik mengatakan, keberadaan lapangan badminton bertaraf internasional di Jawa Barat bakal menghadirkan banyak manfaat dan kontribusi. Bukan cuma untuk sektor olahraga, tapi juga ekonomi dan pariwisata.

"Kalau ada fasilitas internasional, tidak hanya lapangan saja, orang dari luar datang ke sini kan devisanya bagus. Pariwisata-nya juga bagus, banyak tempat di sini," tuturnya.

"Saya enggak harap banyak, ingin lapangan internasional saja," tambahnya.

Taufik Hidayat sungguh berharap hal itu bisa terwujud. Apalagi Ridwan Kamil sendiri dikenal senang berolahraga, salah satunya bermain badminton.

"Dengan senang olahraga, kita bangga ada pimpinan suka olahraga. Kalau suka olahraga dirinya pasti sportif, kalau suka olahraga pasti juga memperhatikan cabang olahraga dan memperhatikan atlet-atletnya. Apalagi pas PON beliau datang dan men-support atlet-atletnya," pungkasnya.

Tonton Sengit! Adu Smash Ridwan Kamil Vs Taufik Hidayat

[Gambas:Video 20detik]



(yum/krs)