Indonesia Vs Denmark: Misi Curi Poin di Nomor Tunggal

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Sabtu, 16 Okt 2021 07:42 WIB
Jakarta -

Indonesia akan menantang tuan rumah Denmark di semifinal Piala Thomas 2020. Indonesia mesti mencuri poin di nomor tunggal jika ingin lolos.

Indonesia akan menghadapi Denmark pada semifinal Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Sabtu (16/10/2021) malam WIB. Sebelumnya skuad Merah-Putih lolos berkat kemenangan telan 3-0 atas Malaysia.

Bakal butuh perjuangan besar buat Indonesia untuk melangkah ke final. Denmark tampil di hadapan pendukungnya sendiri dan kuat di sektor tunggal, bermodal susunan Viktor Axelsen, Anders Antonsen, Rasmus Gemke, dan Hans-Kristian Vittinghus.

Axelsen dan Antonsen merupakan penghuni peringkat 2-3 dunia di bawah tunggal Jepang, Kento Momota. Sementara Rasmus Gemke menempati urutan 12 dan Vittinghus di peringkat 20.

Dari Indonesia, tunggal putra terbaik saat ini adalah Anthony Sinisuka Ginting di peringkat lima dunia. Kemudian berturut-turut di belakangnya adalah Jonatan Christie (7), Shesar Hiren Rustavito (19), dan Chico Aura Dwi Wardoyo (64).

Dengan asumsi Indonesia dan Denmark menurunkan urutan terbaik untuk menghadapi Denmark, maka Anthony Sinisuka Ginting akan melawan Viktor Axelsen sebagai tunggal pertama. Lalu Jonatan Christie menghadapi Anders Antonsen dan Shesar Hiren Rustavito bertemu Rasmus Gemke.

Sektor tunggal ini akan krusial terhadap peluang Indonesia ke final. Sebab di atas kertas, Indonesia lebih kuat di ganda dan diperkirakan memetik poin maksimal di sektor ini. Maka kuncinya adalah mendapatkan satu poin di nomor tunggal.

Bagaimana peluangnya jika turun dengan susunan seperti di atas? Well, Anthony sejauh ini sudah delapan kali menghadapi Axelsen dan catatannya berimbang 4-4.

Terakhir kali keduanya berhadapan di BWF World Tour Finals 2020 pada Januari lalu, dengan Anthony kalah dua gim 17-21, 8-21. Sementara Jonatan setidaknya sudah tujuh kali bertemu dengan Antonsen dan sementara unggul tipis 4-3.

Shesar Hiren Rustavito baru sekali berhadapan dengan Rasmus Gemke dengah hasil kalah 21-18, 13-21, dan 19-21. Ada kemungkinan cukup besar bahwa pemenang akan ditentukan di pertandingan kelima, seperti pertemuan terakhir Indonesia dengan Denmark di Piala Thomas 2016.

Kala itu Indonesia Vs Denmark terjadi di final dan tim Merah-Putih kalah 2-3. Indonesia merebut dua poin di nomor ganda sementara Denmark menyapu nomor tunggal. Kali ini, mampukah Indonesia membalas kekalahan lima tahun lalu?

(raw/bay)