Anthony Ginting Sakit Pinggang Sejak Final Piala Thomas 2020

Mercy Raya - Sport
Kamis, 21 Okt 2021 11:00 WIB
Jakarta -

Anthony Sinisuka Ginting mundur di babak pertama Denmark Open 2021 lantaran cedera. Rupanya ia sudah sakit pinggang sejak final Piala Thomas pada akhir pekan lalu.

Selepas Piala Thomas 2020, tim Indonesia memang harus langsung mengalihkan fokus ke pertandingan di Denmark Open tanpa punya waktu rehat panjang. Ajang yang digelar di Odense Arena itu dimulai sejak Selasa (19/10/2021).

Anthony termasuk salah satu yang disiapkan PBSI untuk mengikuti tiga turnamen back-to-back yang berlangsung di Eropa tersebut. Sayangnya, pemain ranking 5 dunia itu tak kuasa melanjutkan turnamen karena cedera di pinggang.

Alhasil, Anthony yang tengah menghadapi Thomas Rouxel (Prancis) pada Rabu (20/10) memutuskan mundur saat tertinggal 1-4 atau saat laga sudah berjalan 2 menit.

"Sebenarnya sudah terasa agak sakit di pinggang waktu pertandingan final Piala Thomas. Dan kemarin ada jeda istirahat dua hari, sempat coba buat recovery tapi mungkin enggak cukup cuma dengan dua hari," kata Anthony dalam pernyataan yang dikirim PBSI.

"Jadi saya memutuskan buat menarik diri dari pertandingan Denmark Open," imbuhnya.

Kasubid Pengembangan Sport Science/Pelatih Fisik PP PBSI Iwan Hermawan mengatakan, rasa sakit yang timbul di pinggang Anthony terjadi karena ototnya sudah bekerja terlampau keras.

"Jadi kalau ada gerakan rotasi, Anthony merasakan sakit pada bagian pinggangnya. Sudah dicek dokter dan fisioterapi, ototnya over use setelah dua turnamen kemarin," kata Iwan.

Sebelum tampil di Denmark Open, Anthony Ginting turun di Piala Thomas dan Piala Sudirman. Dari dua turnamen tersebut, Anthony tercatat hanya dua kali tak tampil. Saat Indonesia menghadapi Kanada di babak penyisihan Grup C Sudirman Cup dan ketika menghadapi Alzajair di babak pernyisihan Grup A Thomas Cup. Sementara sisanya pemain yang baru kemarin merayakan ulangtahunnya yang ke-25 ini kerap diturunkan dalam 8 kali laga di dua turnamen tersebut.

(mcy/krs)