Hendra Setiawan Belum Berniat Pensiun

Rifqi Ardita Widianto - Sport
Rabu, 24 Nov 2021 18:50 WIB
Hendra Setiawan
Hendra Setiawan belumberniat pensiun. (Foto: detikcom/Rifqi Ardita Widianto)
Nusa Dua -

Di usia 37 tahun, masa depan Hendra Setiawan sebagai pebulutangkis menjadi tanda tanya. Tapi ia memastikan masih akan lanjut bermain tahun depan.

Hendra Setiawan berusia 37 tahun sejak 25 Agustus 2021. Angka itu jelas tak muda lagi, jelas memasuki masa akhir sebagai atlet.

Setelah kalah di babak kedua Indonesia Masters 2021 lalu di babak pertama Indonesia Open 2021, Hendra dan pasangan lapangannya, Mohammad Ahsan, ditunggu Kejuaraan Dunia 2021. Turnamen tersebut akan digelar di Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember mendatang.

Bagaimana setelah itu? Mulai muncul dan melejitnya ganda-ganda muda Indonesia bikin dugaan Hendra Setiawan bakal pensiun terasa wajar terdengar. Tapi ia memastikan masih akan bermain tahun depan.

"Pasti (lanjut main). Setelah kejuaraan dunia ya libur dulu, baru mungkin nanti direncanakan sama Ahsan kita mau pergi ke mana aja," kata Hendra dalam jumpa pers usai pertandingan, Rabu (24/11/2021) sore.

"Masih tetap bermain. Maksudnya, selama saya masih bisa bersaing ya masih tetap bermain lah," kata dia lagi.

Hendra tak menampik performanya belakangan menurun. Tapi jadwal padat sejak Olimpiade 2021 memang jadi tantangan yang sulit buat semua pemain, mengingat waktu latihan dan persiapan di sela turnamen begitu minim.

The Daddies kalah di babak pertama Denmark Open 2021, lalu menjejak perempatfinal French Open dan German Open 2021. Mereka kemudian terhenti di babak kedua Indonesia Masters dan babak pertama Indonesia Open 2021.

"Mungkin setelah Olimpiade memang turun ya. Cuma saya pikir wajar ya. Maksudnya gini, setelah Olimpiade, kejuaraan paling tinggi, setelah itu kita latihannya agak turun juga sih. Jadi ya mungkin wajar lah. Tapi tahun depan kita harus training lagi buat pergi ke mana, ke mana," kata Hendra Setiawan menambahkan.


(raw/cas)