ADVERTISEMENT

Kejuaraan Dunia Bulutangkis: Minions & 5 Wakil RI Lainnya Dapat Bye

Mercy Raya - Sport
Kamis, 02 Des 2021 20:10 WIB
Indonesias Kevin Sanjaya Sukamuljo, left, and Marcus Gideon compete against Taiwans Lee Yang and Wang Chi Lin compete during their mens doubles Group A badminton match at the BWF World Tour Finals in Nusa Dua, Bali, Indonesia, Wednesday, Dec. 1, 2021. (AP Photo/Dita Alangkara)
Kejuaraan Dunia Bulutangkis: Minions & 5 Wakil RI Lainnya Dapat Bye. Foto: AP/Dita Alangkara
Jakarta -

Enam wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis langsung melaju ke putaran kedua. Mereka mendapat bye.

Kejuaraan Dunia akan dilangsungkan di Huelva, Spanyol, mulai 12 sampai 19 Desember 2021. Menukil tournamentsoftware BWF, enam wakil itu terdiri dari tiga sektor yaitu tiga wakil dari ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Di babak kedua, Kevin/Marcus yang merupakan unggulan pertama akan berhadapan dengan pemenang dari Giovanni Greco/Kevin Strobl dengan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi. Sedangkan Fajar/Rian menunggu pemenang dari Bjarne Geiss/Jan Colin Volker dengan Solis Jonathan/Anibal Marroquin.

Hal serupa juga dialami Hendra/Ahsan yang akan melawan hasil dari laga antara Torjus Flaatten/Vegard Rikheim vs Dominik Stipsits. Jika terus mulus, keduanya berpeluang bertemu di semifinal. Itu setelah Hendra/Ahsan dan Fajar/Rian sama-sama berada di bagan bawah.

Sedangkan Kevin/Marcus yang berada di bagan atas, jika terus mulus berpeluang bentrok dengan ganda Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (unggulan 5) di perempatfinal. Begitupun dengan kans bertemu peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 Lee Yang/Wang Chi Lin (unggulan tiga) di semifinal.

Pasangan lain yang juga tinggal menunggu lawan di babak kedua ialah Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Mereka menunggu hasil dari pertandingan Viktoriia Kozyreva/Maria Sukhova melawan Rin Iwanaga/Kie Nakanishi.

Dibandingkan dengan seniornya, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto harus berjuang sejak babak pertama melawan Clara Azurmendi/Beatriz Corrales.

Namun, keikutsertaan mereka masih menyimpan pertanyaan. Sebab, Ribka sendiri sebelumnya mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) ketika akan bertanding di Indonesia Open 2021. Ia diperkirakan menepi dua sampai tiga bulan.

Sedangkan sisanya yakni ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti serta Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari juga mendapat bye. Masing-masing masih menunggu lawan di babak kedua.

Dibandingkan dengan Praveen/Melati, hasil undian Rinov/Mentari relatif berat. Pasalnya, jika mereka menang kans berjumpa unggulan dua Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai bisa terjadi.

Sementara, pasangan Thailand ini tengah dalam top performa usai mengamankan dua gelar sekaligus di Indonesia Masters dan Indonesia Open Bali. Sejauh ini, mereka belum pernah menang atas ganda ranking dua dunia tersebut dalam tiga kali pertemuan.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT