ADVERTISEMENT

Ucapan Selamat Jokowi kepada Tim Bulutangkis Indonesia

Mercy Raya - Sport
Senin, 21 Feb 2022 13:15 WIB
Tim Putri Indonesia Juara Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022
Foto: dok. PBSI
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada tim bulutangkis Indonesia yang berlaga di Badminton Asia Team Championship 2022. Secara khusus, kepada Gregoria Mariska Tunjung dkk yang berhasil menjadi jawara.

"Tim putri Indonesia meraih gelar juara Asia setelah mengalahkan tim putri Korea Selatan di partai final Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022 yang digelar di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia, siang tadi. Ini gelar juara tim bulutangkis putri Indonesia yang pertama sepanjang keikutsertaan Indonesia di Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia," kata Jokowi dalam laman akun Instagramnya.

"Sementara tim putra Indonesia berhasil menempati posisi runner up. Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat kepada para pejuang bulutangkis Indonesia di ajang Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022."

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Sebagai informasi, pada partai final Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu alias Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022 yang berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Minggu (20/2), tim putri tampil sebagai juara dengan mengalahkan Korea Selatan 3-1. Sementara tim putra, harus puas sebagai finalis usai dihentikan tuan rumah Malaysia, 0-3.

Bagi tim putri, ini merupakan gelar pertama sejak ajang itu digelar pada 2016. Keberhasilan mereka tak hanya menjadi sejarah tapi memperbaiki capaian pada 2020. Saat itu, Indonesia dihentikan Jepang 3-0 di babak perempatfinal.

Terhadap Korea Selatan, hasil ini sekaligus sebagai revans setelah pada 2016, tim yang diisi Greysia Polii dkk takluk dari negeri yang terkenal dengan K-pop itu dengan skor 4-1 di babak penyisihan grup.

Sedangkan bagi tim putra Indonesia, hasil ini sedikit penurunan setelah selama tiga edisi berturut-turut (2016, 2018, 2020) mereka selalu menjadi juara. Namun, gelar itu kini direbut Malaysia.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman berharap torehan prestasi ini bisa memantik keberhasilan cabang olahraga lainnya.

"Selamat kepada tim nasional bulu tangkis putri Indonesia yang telah berhasil meraih juara Badminton Asia Team Championships (BATC) 2022," ujar Marciano, terpisah.

"Usaha dan kerja keras para patriot olahraga prestasi, baik itu atlet, pelatih, ofisial dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah berhasil membuat bendera Merah Putih berkibar dengan diiringi berkumandangnya lagu Indonesia Raya. Hal tersebut membuat masyarakat Indonesia bangga, selaku Ketua Umum KONI Pusat saya mengucapkan terima kasih," kata eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini.

"Semoga ke depan, prestasi lainnya akan kembali dipersembahkan para patriot olahraga prestasi Indonesia, baik dari bulutangkis maupun cabang olahraga lainnya," harap Letjen TNI Purnawirawan ini.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT