ADVERTISEMENT

Bulutangkis Indonesia Main di Tiga Event, Ini Target PBSI

Mercy Raya - Sport
Selasa, 26 Apr 2022 12:45 WIB
Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna
Ketum PBSI, Agung Firman Sampurna, mengungkap target di tiga turnamen bulan ini.(Foto: dok. PBSI)
Jakarta -

Bulutangkis Indonesia dihadapkan tiga event yang berlangsung Mei 2022. Selain kejuaraan beregu Piala Thomas dan Piala Uber, Merah-Putih akan mengikuti multievent SEA Games 2021 dan Badminton Asia Championship.

Dari ketiga event tersebut, Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna membidik target secara beragam, utamanya mempertahankan gelar-gelar yang sudah diraih.

Indonesia seperti diketahui baru saja merebut Piala Thomas pada Oktober tahun lalu. Tim yang dipimpin Hendra Setiawan itu akhirnya merebut piala yang sudah nyaris dua dekade tak kembali ke Tanah Air. Sebelumnya, Piala Thomas terakhir kali direbut tim Merah Putih pada 2002 silam.

Sedangkan tim Piala Uber Indonesia, terakhir kali terhenti di perempatfinal usai disingkirkan Thailand 2-3 tahun lalu. Peringkat terbaik beregu putri Indonesia diraih pada 2008, saat menjadi tuan rumah, yakni finalis. Mereka kalah telak 3-0 dari China.

Di level regional ASEAN, bulutangkis Indonesia tercatat sudah mengantongi 112 medali emas. Tunggal putra menjadi sektor terproduktif kedua yang mempersembahkan kepingan emas yaitu 17 medali.

Sementara ganda campuran paling banyak dengan persembahan 19 medali emas, kemudian disusul beregu putra 17 medali emas. Tahun ini, beregu putra berstatus juara bertahan. Sedangkan sektor lainnya, tunggal putri 14 emas, ganda putra 14 emas, dan ganda putri 17 emas, serta beregu putri 14 emas.

"Untuk Piala Thomas, komposisi personalia yang diterjunkan sama dengan kemarin dan kami berharap karena mereka sudah sama, punya persiapan yang cukup matang, juga melalui pertandingan-pertandingan sehingga kita punya kesempatan untuk mempertahankan," kata Agung ketika ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

"Piala Uber namanya juga nguber, masih. Oleh karena itu kami terjunkan pemain-pemain junior di situ sehingga mereka tak ada beban dan kami harap bisa bertanding maksimal."

"Sedangkan SEA Games memang pertandingan tingkat regional tapi kami sudah sama-sama ketahui bahwa ini bagian penting dalam kinerja pengembangan olahraga nasional kita. Maka kami akan terjunkan pemain-pemain terbaik dan kami berharap mendapatkan emas sebanyak-banyaknya dari cabor bulutangkis ini," kata Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI ini.

"Saya tak sebut target minimal, targetnya sekitar dua-tiga emas," sebut Agung soal target jumlah emas SEA Games yang diharapkan.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT