ADVERTISEMENT

Head to Head Indonesia Vs India di Thomas Cup: Merah Putih Dominan

Mercy Raya - Sport
Minggu, 15 Mei 2022 13:22 WIB
Thomas-Uber Cup 2022
Foto: dok.Internet
Jakarta -

Final Thomas Cup 2022 akan menyajikan duel antara Indonesia versus India di Impact Arena, Bangkok, Minggu (15/5/2022). Berikut catatan pertemuan kedua negara.

Ini menjadi laga krusial mengingat kedua tim sama-sama memperebutkan kampiun juara. Bagi Indonesia, laga ini untuk mempertahankan gelar yang sebelumnya mereka rebut pada tahun lalu.

Saat itu, Merah Putih menjadi juara lagi sejak 2002, setelah mengalahkan China 3-0 di babak final di Aarhus, Denmark, Oktober 2021.

Sementara bagi India, tak hanya menjadi final pertama tapi juga piala kejuaraan beregu putra tersebut akan mencatatkan sejarah buat negara Kidambi Srikanth dkk.

Perjalanan kedua tim untuk mencapai kampiun tertinggi juga tak mudah. Indonesia harus berjuang lebih dulu untuk mendapatkan status juara grup dengan meraih kemenangan atas Singapura 4-1, vs Thailand 4-1, dan vs Korea Selatan 3-2.

Indonesia memastikan kemenangan dengan menyingkirkan China 3-0 di babak perempatfinal dan menaklukkan Jepang dengan skor ketat 3-2 di semifinal.

Sedangkan India, menjadi runner up Grup C. Mereka mengemas dua kemenangan di babak grup dengan mengalahkan German 5-0, vs Kanada 5-0, dan vs Taiwan 3-2. Di babak 8 besar, India mengalahkan Malaysia 3-2 dan mengatasi Denmark di babak empat besar dengan skor 3-2.

Meskipun sama-sama berprestasi, Indonesia faktanya masih lebih unggul dari India. Melansir catatan pertemuan kedua negara tersebut, Indonesia unggul 4-0 atas India.

Kedua tim bertemu pertama kali di babak penyisihan zona Asia pada Thomas Cup 1970. Saat itu, Indonesia menang 7-2 atas India. Lalu Indonesia bertemu lagi dengan India pada babak penyisihan grup pada Thomas Cup 2010 di Kuala Lumpur. Kala itu, Indonesia berhasil menang atas India 4-1.

Meskipun begitu, keduanya sama-sama bertemu kembali di babak perempatfinal. Indonesia kembali menang atas India 3-0. Pertemuan keempat mereka tersaji kembali pada 2016. Sama-sama berada di Grup B, Indonesia menaklukkan India dengan skor 5-0.

Lantas bagaimana dengan pertemuan kelima kedua negara tersebut di Thomas Cup kali ini?

Berikut head to head kedua Indonesia vs India

Thomas Cup 1970
Indonesia vs India 7-2

Thomas Cup 2010
Indonesia vs India 4-1 (babak grup)
Indonesia vs India 3-0 (perempatfinal)

Thomas Cup 2016
Indonesia vs India 5-0



Simak Video "Merah Putih Tak Berkibar di Thomas Cup, Ladi Ngaku Dicap Pengkhianat Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT