Para Jawara Baru Thomas Cup: Setelah Jepang dan Denmark, Kini India

Mercy Raya - Sport
Minggu, 15 Mei 2022 17:36 WIB
Pebulu tangkis ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy (kanan) dan Chirag Shetty (tengah) meluapkan kegembiraanya dengan pelatih usai mengalahkan pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo dalam pertandingan babak final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022). Rankireddy/Shetty kalahkan Ahsan/Kevin dengan skor 18-21, 23-21 dan 21-19 sehingga India unggul sementara atas Indonesia dengan skor 2-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang menang di partai kedua lawan Indonesia. Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

Tim India mengukir sejarah di Thomas Cup 2022. Untuk kali pertama mereka menjadi juara di kejuaraan bulutangkis beregu putra terbesar di dunia.

Pada laga final yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Minggu (15/5/2022), India menantang Indonesia yang merupakan tim juara bertahan Thomas Cup.

Kemenangan India menjadi juara Thomas Cup 2022 ditentukan Kidambi Srikanth yang main di partai ketiga. Ia menghadapi Jonatan Christie, pemain yang secara peringkat ada tiga posisi di atasnya.

Jonatan di peringkat 8 dunia, sedangkan Kidambi berada di urutan ke-11. Selain itu, dari catatan pertemuan, Jonatan unggul lima kemenangan dari sembilan pertemuan yang mereka lakoni.

Namun demikian, Kidambi Srikanth mampu mengatasi Jonatan dan menjadi penentu kemenangan negara yang terkenal dengan film boliwoodnya tersebut. Bertanding selama 48 menit Kidambi menang atas Jonatan dengan skor 21-15, 23-21.

Sebelumnya Kidambi, dua wakil India Lakshy Sen di tunggal putra dan Sakwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty lebih dulu mengamankan dua poin kemenangan. Sen menang atas Anthony Ginting dalam duel tiga gim 8-21, 21-17, 21-16.

Sedangkan Rankireddy/Shetty memenangkan laga melawan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo 18-21, 23-21, 21-19.

Hasil itu membuat India berhasil menjuarai Thomas Cup 2022 dalam penampilan perdananya di final ajang tersebut -- dengan mengalahkan negara paling banyak gelarnya pula! Negeri Gangga itu menggondol gelar Piala Thomas pertama, yang diraih dalam final perdana.

India bergabung dengan lima negara lain yang juga sudah pernah juara Thomas Cup yakni Indonesia (14 gelar), China (10 gelar), Malaysia (5), Denmark (1), dan Jepang (1). Alias menjadi negara keenam yang mampu menjuarai ajang ini.

India juga menjadi negara ketiga yang baru-baru ini meraih gelar juara pertamanya di Piala Thomas. Sebelumnya ada Jepang di tahun 2014 dan Denmark dua tahun berselang.

(mcy/krs)