SEA Games 2021: Tim Putri RI Janji Mati-Matian Lawan Thailand di Final

Mercy Raya - Sport
Selasa, 17 Mei 2022 20:35 WIB
Pasangan pebulu tangkis ganda putri Indonesia  Febby Valencia Dwijayanti Gani (kanan) dan Ribka Sugiarto (kiri)  mengembalikan kok ke arah lawannya pasangan pebulu tangkis ganda putri Vietnam pada babak semifinal bulutangkis beregu putri SEA Games 2021 Vietnam di Bac Giang Gymnasium, Vietnam, Selasa (17/5/2022). Tim bulu tangkis beregu putri Indonesia melaju ke babak final Sea Games 2021 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-1. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU
Tim bulutangkis putri Indonesia lolos ke final SEA Games 2021 (Foto: ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)
Hanoi -

Indonesia akan menghadapi Thailand di final bulutangkis beregu putri SEA Games 2021. Gregoria Mariska Tunjung dkk. janji tampil mati-matian.

Indonesia melangkah ke babak final usai menang atas Vietnam dengan skor 3-1 pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Bac Gymnasium, Vietnam, pada Selasa (17/5) pagi.

Satu-satunya kegagalan hanya dialami Gregoria Mariska Tunjung, yang tampil di partai pertama. Ia tak mampu mengatasi tekanan Nguyen Thuy Linh dan akhirnya menyerah dengan skor 21-14, 17-21, 16-21. "Saya akui kekalahan ini karena mental saya," ujar Gregoria.

Beruntung, tiga wakil Indonesia lainnya tak terpengaruh. Lewat penampilan ganda Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Indonesia sukses menyamakan skor.

Putri Kusuma Wardani kemudian membawa Indonesia berbalik unggul usai menang atas Vu Thi Trang (B). Febby Valencia Dwijayanti/Ribka Sugiarto kemudian menang di partai keempat untuk memastikan Indonesia ke final.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengapresiasi penampilan tim beregu putri yang sukses lolos ke final.

"Secara garis besar penampilan anak-anak putri cukup bagus. Hanya ada beberapa yang harus dievaluasi. Khusus Gregoria, tadi mungkin ada tegang karena tampil pertama kali," kata Rionny dalam rilis PBSI.

Di babak final, Indonesia akan menantang tim putri Thailand untuk memperebutkan medali emas. Tim Negeri Gajah Putih lolos setelah mengalahkan Singapura 3-0.

"Untuk besok di final kami bertemu Thailand. Dari skuad mereka memang harus diakui agak di atas terutama di nomor tunggal. Tapi kami akan tampil mati-matian," ujarnya.

Sementara itu, pelatih ganda putri Eng Hian mengatakan belum banyak yang bisa dievaluasi dari penampilan kedua ganda putrinya, Apriyani/Fadia dan Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti. Sebab, lawan yang dihadapi kualitasnya jauh darinya.

"Karena lawan levelnya masih di bawah, belum banyak yang dapat dievaluasi dari permainan Apri/Fadia dan Ribka/Febby," ujar pelatih yang karib disapa Didi ini.

"Saya lebih menyiapkan kondisi mereka untuk pertandingan final melawan Thailand Rabu (18/5) besok," lanjut Eng Hian.

Lihat Video: Klasemen SEA Games 2021, Malaysia di Puncak-Indonesia ke-6

[Gambas:Video 20detik]




(mcy/nds)