Emas Indonesia Open 2022: Bukti Ganda Campuran China Masih yang Terbaik

Mercy Raya - Sport
Minggu, 19 Jun 2022 14:45 WIB
Ganda campuran China Zheng Siwei/Huang Yaqiong menjadi juara Indonesia Open 2022. Keduanya kalahkan wakil Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino dua gim langsung.
Zheng Siwei/Huang Yaqiong (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

Ganda campuran China Zheng Siwei/Huang Yaqiong bahagia bisa kembali merebut medali emas Indonesia Open 2022. Catatan ini jadi bukti mereka masih merupakan tim yang bagus di dunia.

Bertanding di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (19/6/2022), Zheng Siwei/Huang Yaqiong tampil meyakinkan melawan pasangan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino dalam partai puncak turnamen BWF Super 1000.

Mereka menang dua gim langsung dengan skor 21-14, 21-16. Laga itu pun mereka akhiri dalam tempo waktu 41 menit.

"Medali emas hari ini cukup berarti bagi kami. Ini memberikan pengakuan satu sama lain, bahwa kami masih tim yang bagus," kata Huang Ya Qiong.

Ya, terakhir kali mereka juara di Indonesia Open pada 2019 silam. Setelah itu, unggulan kedua dari China itu absen dari Indonesia Open 2021. Sedangkan pada 2020, ajang itu tidak dipertandingkan karena wabah COVID-19.

Tapi absennya mereka dalam dua turnamen tak membuat mereka lemah. Terbukti, di Indonesia keduanya berhasil merebut dua medali emas. Pekan sebelumnya, Zheng Siwei/Huang Yaqiong juga menjadi juara di Indonesia Masters.

Lantas apa kunci kemenangan keduanya?

"Sebelum ada pertandingan kami biasanya banyak melakukan evaluasi dulu satu sama lain. Setelah itu, mempelajari lawannya untuk menyiapkan starteginya. Hal-hal itu yang terus kami lakukan setiap menjelang pertandingan," Zheng Siwei menuturkan.

Setelah Indonesia Zheng Siwei/Huang Yaqiong akan melanjutkan turnamen di Malaysia Open (28 Juni-3 Juli) dan Malaysia Masters (5-10 Juli) di Kuala Lumpur.

"Kami akan beristirahat dulu sebentar karena bertandinga selama dua pekan ini cukup melelahkan," kata Zheng Siwei.

"Semoga kami bisa recovery lebih cepat untuk pertandingan pekan depan," harap Siwei seraya diamini Huang Yaqiong.

Zheng Siwei/Huang YaqiongZheng Siwei/Huang Yaqiong (Mercy Raya/detikSport)
(mcy/aff)