ADVERTISEMENT

Siasat Jitu Jonatan Christie Berhasil!

Mercy Raya - Sport
Rabu, 13 Jul 2022 17:10 WIB
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - JUNE 30:  Jonatan Christie of Indonesia in action against Kenta Nishimota of Japan in their mens singles second round match on day three of the Petronas Malaysia Open at Axiata Arena on June 30, 2022 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by How Foo Yeen/Getty Images)
Ilustrasi Jonatan Christie (Foto: Getty Images/How Foo Yeen)
Jakarta -

Jonatan Christie menaklukkan wakil India Kashyap Parupalli dua gim langsung di babak 32 besar Singapore Open 2022. Siasat jitu Jojo berhasil!

Jojo, begitu ia karib disapa, dari awal memang mampu memegang kendali permainan saat melawan Parupalli. Hal itu pun dibuktikannya dengan menang dua gim langsung 21-14, 21-15 dalam tempo waktu 37 menit.

Usai laga, Jonatan Christie mengaku bila sejak awal dirinya sudah optimistis mampu mengatasi pemain 38 dunia itu. Terlebih lawan yang dihadapinya sudah kalah fisik lantaran akan berusia 36 tahun 9 Agustus nanti.

"Dari awal saya yakin bisa mengatasi dia. Apalagi, dia kini sudah tidak muda lagi," kata Jojo dalam rilis PBSI.

"Dulu pun pada ajang Malaysia Masters 2015, saya juga hampir menang. Hanya, saat itu saya baru naik tampil ke level super series, sementara dia saat itu masih bagus juga penampilannya," sambungnya.

Selain kekuatan lawan yang sudah ia diprediksi, Jonatan juga mencoba beradaptasi lebih cepat terutama di awal-awal laga. Seperti dengan membaca arah angin, kondisi lapangan, dan laju shuttlecock yang relatif berbeda dengan di Malaysia.

"Memang kurang lebih kondisinya ada menang angin dan kalah angin. Cuma laju shuttlecocknya di sini berbeda. Dari sisi pola permainan yang saya kembangkan tidak ada perbedaan yang banyak dibanding saat tampil di Malaysia lalu," Jonatan menjelaskan.

"Cuma, saya harus tahu saat menang angin harus memukul shuttlecock seperti apa dan sebaliknya saat kalah angin, juga harus bagaimana. Harus pintar-pintar menyiasatinya."

Di babak berikutnya, Jonatan Christie akan berjumpa Kodai Naraoka. Dalam pertemuan terakhir di Korea Open 2022, pemain yang menempati seeded kelima Singapore Open itu tercatat unggul dalam permainan melawan Kodai. Juara Australia Open 2019 itu menang atas pebulutangkis asal Negeri Sakura tersebut dengan skor 21-16, 21-11.

"Untuk menghadapi pertemuan besok, tinggal menerapkan bagaimana strategi dan pola permainan yang pas saja. Baik itu saat kondisi menang angin atau saat kalah angin. Sebab, saat di Korea lalu, shuttlecock-nya lambat, sementara di sini terasa lebih cepat," kata pemain ranking 8 dunia itu.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT