ADVERTISEMENT

Anthony Ginting Juara Lagi Setelah... 2,5 Tahun Lamanya

Mercy Raya - Sport
Minggu, 17 Jul 2022 19:15 WIB
Anthony Sinisuka Ginting
(dok PBSI)
Jakarta -

Anthony Sinisuka Ginting akhirnya mengecap gelar juara lagi setelah 2,5 tahun. Gelar itu ia raih saat tampil di Singapore Open 2022.

Anthony Ginting meraih gelar pertamanya di Singapore Open pada tahun ini. Ia mengalahkan tunggal putra Jepang Kodai Naraoka lewat pertandingan dua gim 23-21, 21-17 dalam waktu 53 menit.

Titel ini pun sangat istimewa bagi Ginting dan khususnya tunggal putra. Bagaimana pun, gelar ini sebagai pembuktian mereka bahwa tunggal putra tidak bisa dianggap sebelah mata. Mereka juga bisa juara.

Bagi Anthony Ginting pribadi, meraih posisi nomor satu di turnamen BWF Super 500 juga merupakan momen terbaiknya. Apalagi setelah selama 2,5 tahun, ia kerap disingkirkan sebelum memetik hasil sempurna.

Pemain ranking 6 dunia ini terakhir kali juara di Indonesia Masters 2020. Kemudian kalah di babak pertama All England.

Sementara tahun berikutnya, prestasi terbaik Ginting yaitu semifinalis Thailand Open 2021. Ia gagal melangkah ke final setelah lajunya dihentikan Viktor Axelsen dengan skor 19-21, 21-13, 13-21.

Setelah itu, meraih perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 (diselenggarakan pada 2021), kemudian selalu tersingkir di babak-babak awal.

Pada tahun ini, prestasi Anthony Ginting sejatinya sudah mulai membaik. Dari 10 turnamen yang jalani, mayoritas ia terhenti di babak perempatfinal, antara lain Malaysia Masters, Malaysia Open, Indonesia Open, All England, dan Badminton Asia Championship 2022.

Sementara di babak semifinal, ia hanya meraihnya dua kali saat di Swiss Open dan Indonesia Masters 2022. Setelah itu, Ginting akhirnya bisa menembus juara di Singapore Open.

Hasil sempurna itu pun diakuinya tak lepas dari dukungan pelatihnya, Irwansyah, PBSI, keluarga, serta teman-temanya yang kerap mendukungnya.

"Bersyukur kepercayaan pelatih, PBSI, teman-teman, dan keluarga mendukung sampai akhirnya puji Tuhan bisa juara setelah setengah tahun mungkin lebih. Yang pasti ini saya persembahkan buat semuanya," kata Ginting.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT