ADVERTISEMENT

Putri KW Disebut Jalani Pendidikan Polwan, Masih Bisa Tanding?

Mercy Raya - Sport
Jumat, 22 Jul 2022 20:15 WIB
VANTAA, FINLAND - SEPTEMBER 29: Putri Kusuma Wardani of Indonesia reacts in the Womens Single match against Mia Blichfeldt of Denmark during day four of the TotalEnergies BWF Sudirman Cup at Energia Areena on September 29, 2021 in Vantaa, Finland. (Photo by Shi Tang/Getty Images)
Foto: Getty Images/Shi Tang
Jakarta -

Tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani dikabarkan mengikuti pendidikan Polisi Wanita (Polwan). Masih bisakah ia bertanding di turnamen ke depannya?

Kabar Putri KW, panggilannya, mengikuti pendidikan Polwan berawal dari media sosial. Pengurus Provinsi PBSI Banten Sudarto Adinagoro membuat sebuah unggahan yang memberi kabar itu.

Melalui akun resmi Instagramnya, Sudarto mengunggah video yang menggambarkan kegiatan Putri jelang mengikuti pendidikan polwan. Terlihat atlet putri bulutangkus Indonesia itu menjalani tes dan kegiatan lainnya dengan beberapa orang yang juga mengikuti pendidikan tersebut.

"Selamat atas kelulusan @putri.k.w20 dan hari ini menjalani pendidikan Polwan Polri. Selamat bertugas, Put. Semangat!" tulis Sudarto melengkapi unggahan videonya.

Dengan ikutnya Putri KW dalam pendidikan Polwan, belum diketahui soal keikutsertaannya di turnamen-turnamen bulutangkis. Terlebih, pemain ranking 48 dunia itu merupakan andalan Indonesia di sektor tunggal putri.

Selain Gregoria Mariska, Putri merupakan salah satu tunggal putri yang tengah naik performanya. Tahun ini, ia sudah mengantongi satu titel gelar juara di Orleans Masters, yang berlangsung 29 Maret-3 April lalu.

Selain itu, Putri juga bisa menjadi juara beregu. Ia juga tercatat sebagai salah satu pemain tunggal yang membawa tim putri Indonesia juara di Badminton Asia Team Championship 2022 di Malaysia

Dari empat laga yang ia lakoni, Putri hanya menelan sekali kekalahan, yakni saat menghadapi pemain Korea Selatan Lee Se Yeon di babak penyisihan grup Z, 16-21, 19-21. Saat itu, Indonesia akhirnya kalah dari Korea dengan skor 2-3.

Sedangkan di partai final, ia salah satu penyumbang angka saat Timnas putri RI kembali berhadapan dengan Korea Selatan. Ia kembali berhadapan dengan Lee Se Yeon dan berhasil revans dengan skor 21-10, 21-18. Saat itu, Indonesia menang atas Korea dengan skor 3-1.

Pada 2021, pebulutangkis kelahiran 20 Juli 2002 itu bahkan sukses meraih tiga gelar juara dari tujuh turnamen yang diikuti. Antara lain Spain Masters, Li-ning Czech Open, dan Bangladesh International Challenge 2021.

Saat detikSport mengonfirmasi soal kabar terkait Putri KW, Kepala bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy, mengatakan akan memberikan keterangam resmi terkait atlet Pelatnas PBSI, Cipayung tersebut.

(mcy/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT