ADVERTISEMENT

Leani Ratri Oktila Absen di ASEAN Para Games 2022

Mercy Raya - Sport
Minggu, 24 Jul 2022 16:15 WIB
Leani Ratri Oktila absen di ASEAN Para Games 2022.
Leani Ratri Oktila absen dari ASEAN Para Games 2022. (Foto: dok.Pribadi)
Jakarta -

Bulutangkis Indonesia dipastikan tak diperkuat pemain andalannya Leani Ratri Oktila di ASEAN Para Games 2022. Leani Ratri Oktila dipastikan absen.

ASEAN Para Games 2022 akan dimulai 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang. Indonesia bertindak sebagai tuan rumah dengan tiga kota yang ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraannya, yaitu Surakarta, Karanganyar, dan Semarang.

Di multi ajang itu, Indonesia tak hanya mematok target sukses penyelenggaraan dan administrasi, tapi juga prestasi. Tak tanggung-tanggung, NPC Indonesia bahkan mencanangkan Indonesia bisa menjadi juara umum seperti saat di Kuala Lumpur, Malaysia, 2017.

Kala itu, Indonesia mengantongi 126 medali emas, 75 medali perak, dan 50 medali perunggu. Sumbangan emas itu, salah satunya dipersembahkan dari cabang bulutangkis, yang memperoleh delapan medali emas, 5 perak, dan empat perunggu, serta sukses menjadi juara umum pada cabang olahraga tersebut.

Nah, di antara medali-medali itu pula, Leani merupakan atlet yang menyumbang tiga medali emas di nomor tunggal putri kelas SL4 dan ganda putri bersama Khalimatus Sadiyah kelas SL3-SU5, serta ganda campuran bersama Hary Susanto kelas SL3-SU5.

Tak hanya itu, Ratri juga tercatat sebagai atlet yang tampil sip di Paralimpiade Tokyo 2020 usai menyumbangkan dua medali emas dan satu perak.

Tapi kini, ia dipastikan tak tampil memperkuat tim bukutangkis Indonesia. Ia sedang menjalani perawatan setelah melahirkan seorang putra yang ia namakan Mujifrans Elvano Abdu.

"Saya off dulu di ASEAN Para Games karena baru melahirkan Jumat (22/7) kemarin," kata Ratri saat dikonfirmasi detikSport, Minggu (24/7/2022).

Ratri mengatakan sejak Paralimpiade Tokyo sejatinya ia dan suami, Baharu Abdu, telah berencana untuk segera melakukan program punya anak. Niatan itu pun berhasil ia wujudkan.

"Setelah Paralympic saya dan suami memang berencana ingin segera program memiliki momongan," tuturnya.

Kendati absen di ASEAN Para Games 2022, Ratri optimistis bulutangkis Indonesia mampu memberikan hasil terbaik di multievent tersebut.

"Pasti dong (mendukung teman-teman yang tampil di ASEAN Para Games). Saya kan juga masih tetap stay di Solo melihat teman-teman berlatih kemarin. Saya harap semua teman-teman bisa meraih yang terbaik nanti di ASEAN Para Games dan membawa Indonesia menjadi Juara umum," kata Ratri.

"Sampai sejauh ini saya juga masih optimistis, walaupun keadaannya sekarang saya memang lagi fokus dengan baby. Tapi nanti setelah saya kembali ke lapangan lagi, saya pasti akan berusaha memberikan yang terbaik," ujar Ratri menyoal ganda putri dan ganda campuran dapat mempertahankan medali emas di APG tahun ini.



Simak Video "Kontingen Indonesia Sumbang Medali Emas dari Cabor Catur"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT