ADVERTISEMENT

Buka Piala Presiden 2022, Menpora Sampaikan Harapan Jokowi

Mercy Raya - Sport
Senin, 01 Agu 2022 14:10 WIB
Menpora Zainudin Amali-Ketua KOI Raja Sapta Oktohari
Menpora Zainudin Amali membuka Piala Presiden 2022, sampaikan harapan untuk pebulutangkis peserta. (Foto: dok.Kemenpora)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali secara resmi membuka kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022. Dia menyampaikan harapan dari Joko Widodo.

Bulutangkis Indonesia untuk kali pertama menggulirkan Piala Presiden. Ajang yang bakal dilakukan secara rutin tiap tahun ini berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, mulai 1-6 Agustus ini.

Menpora sendiri menjadi sosok yang membuka secara resmi ajang tersebut. Ia didampingi Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, dan perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Syukur Alhamdullilah pada pagi ini kita dapat memulai kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022. Saya ini seharusnya berada di Solo karena ada ASEAN Para Games, jadi saya mengawal kegiatan di sana," kata Menpora Amali dalam sambutannya di GOR Nanggala, Cijantung, Senin (1/8/2022).

"Tapi karena semalam ditelepon oleh Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna, maka saya buka Piala Presiden dulu, kemudian kembali ke Solo lagi. Ini semua untuk bulutangkis Indonesia."

Politikus Golkar itu lantas menyinggung keberhasilan cabor bulutangkis di ASEAN Para Games 2022 yang sukses menjadi cabang penyumbang medali emas pertama buat Merah-Putih. Kesuksesan senior-senior mereka pun diharapkan bisa melecut motivasi para atlet-atlet muda yang bersaing di Piala Presiden agar memberikan performa terbaiknya.

Kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022 mempertandingkan tiga kategori usia di bawah 13 tahun, di bawah 15 tahun, dan di bawah usia 17 tahun. Adapun jumlah total peserta yang ikut berjumlah 620 orang dari 30 provinsi.

"Atlet para badminton ini sama perjuangannya dengan kalian semua. Jadi tetap bersemangat dan perlu saya sampaikan, bahwa organisasi yang tata kelolanya bagus dan prestasinya konsisten adalah bulutangkis," ucap Menpora asal Gorontalo ini.

"Mereka secara konsisten membina dan dibuktikan pada perhelatan kejuaraan Piala Presiden ini. Kali ini usia muda, junior, yang nanti akan mengisi timnas kita dan pasti hasilnya ada kelanjutannya, kalian akan ke Cipayung juga," tuturnya.

Amali juga menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Salam hangat dari Bapak Presiden kepada PBSI atas terselenggaranya acara ini. Mudah-mudahan akan terjaring talenta dari berbagai provinsi untuk mengisi Timnas bulutangkis kita, baik tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, ganda putra, dan ganda campuran," ujarnya.

"Ini jadi harapan kita, karena target kami Indonesia pada saat peringatan Indonesia ke-100 tahun pada 2045, tepatnya Olimpaide 2044, kita bermimpi Indonesia berada di peringkat 5 dunia," harapnya.

"Dan harapan terbesarnya akan disumbangkan dari cabor bulutangkis. Kita belum tahu tempatnya, tapi insya Allah, 2044 Indonesia menjadi peringkat 5 dunia.

"Kepada para atlet tetap bersemangat karena pemerintah memberikan perhatian luar biasa, Bapak Joko Widodo memberi perhatian, sehingga kita harus menyambut dengan prestasi. Berlatih dan bertanding dengan sungguh-sungguh karena kalian pasti punya tempat untuk tampil di Olimpiade. Entah kapan tapi pasti ada tempat kalian bertanding di Olimpiade," Amali mempertegas.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT