ADVERTISEMENT

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022: Saatnya Fajar/Rian Juara!

Mercy Raya - Sport
Senin, 15 Agu 2022 17:30 WIB
Indonesias Fajar Alfian and Muhammad Rian Ardianto, right, play against Japans Takuro Hoki and Yugo Kobayashi during their mens doubles final match at the Malaysia Open badminton tournament at Bukit Jalil Axiata Arena in Kuala Lumpur, Malaysia, Sunday, July 3, 2022. (AP Photo/Vincent Thian)
Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022: Saatnya Fajar/Rian Juara! (Foto: AP/Vincent Thian)
Jakarta -

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berharap Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 jadi kesempatan mereka meraih gelar juara. Tapi mereka juga tak ingin terlalu menggebu-gebu.

Fajar/Rian diketahui punya modal bagus menuju kejuaraan yang berlangsung di Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus ini. Mereka menembus tujuh kali final dalam sebelas turnamen perorangan yang diikuti dalam tahun ini. Bahkan tiga di antaranya berhasil menjadi juara.

Bekal itu bukan hanya menempa mental mereka menjadi lebih baik, tapi juga meningkatkan kepercayaan diri. Bagaimana pun, Fajar/Rian sempat dibanding-bandingkan dengan senior dan junior mereka yang sudah lebih dulu mencatatkan gelar demi gelar dalam beberapa tahun belakangan.

Namun di tahun ini, mereka berhasil menjawab keraguan tersebut dengan berbagai pencapaian yang mereka raih, mulai dari juara Swiss Open, juara Indonesia Masters, dan Malaysia Masters.

Torehan demi torehan itu bukan tak mungkin dapat menjadi jalan mereka meraih kampiun tertinggi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis tahun ini.

Terlebih, Pelatih Ganda Putra Herry Iman Pierngadi juga sempat mengatakan bila Kejuaraan Dunia kali ini bisa menjadi kesempatan mereka meraih gelar.

Menanggapi kepercayaan pelatih, Fajar/Rian mengaku siap menjawab tantangan tersebut. Meskipun, ia menyadari hal tersebut tak akan mudah.

"Semoga kepercayaan pelatih kepada kami berdua menjadi motivasi dan percaya diri lebih di Kejuaraan Dunia nanti. Semoga juga bisa menjadi yang terbaik di sana dan menampilkan yang terbaik buat Indonesia juga," kata Fajar dalam jumpa pers virtual Senin (15/8/2022).

"Pasti menambah motivasi kami untuk pertandingan ke depan, tapi kami tak mau juga terlalu menggebu-gebu, yang penting bisa lebih me-manage pikiran dan bagaimana agar tetap fokus di setiap pertandingan," Rian menimpali.

Rian mengatakan hal tersebut karena tek lepas dari level turnamen Kejuaraan Dunia itu sendiri. "Pasti semua pemain di Kejuaraan Dunia ini menganggap ini turnamen penting dan ingin menampilkan yang terbaik," ujarnya.

Tak hanya itu, Fajar/Rian juga menilai banyak ganda-ganda putra yang mungkin bisa mengejutkan dalam kejuaraan nanti. Terutama, pasangan di luar top 10.

"Apalagi yang pasangan baru yang belum memiliki ranking atau pasangan yang sebelumnya dipecah kemudian digabungkan kembali di ajang ini. Mungkin pola permainan mereka sudah berubah karena sudah lama tak berpasangan sehingga patut diwaspadai," tutur Fajar.

Fajar mencontohkan Choi Sol-Gyu/Seo Seung Jae, serta Goh V Shem/Tan Wee Kiong. "Tapi pasti banyak pasangan-pasangan lain juga yang patut diwaspadai," katanya.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT