ADVERTISEMENT

Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022: Kevin/Marcus Belum 100 Persen Fit!

Mercy Raya - Sport
Senin, 15 Agu 2022 18:30 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tersingkir di babak kedua Indonesia Open 2022. The Minions ditumbangkan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae.
Marcus Fernaldi Gideon belum 100 persen. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Pelatih Ganda Putra Indonesia, Aryono Miranat, mengungkapkan kondisi terkini para atletnya menjelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Marcus Fernaldi Gideon belum fit 100 persen.

Marcus memang sempat mengalami cedera. Dia bahkan menjalani pembedahan untuk masalah pergelangan kakinya.

"Untuk Kevin/Marcus setelah Indonesia Open, mereka memang tidak mengikuti pertandingan di Malaysia dan Singapura karena kondisi kaki Marcus belum 100 persen," kata Aryono dalam jumpa pers virtual, Senin (15/8/2022).

"Setelah itu, Marcus sudah menunjukkan kemajuan yang sangat berarti di kakinya. Saat latihan sudah tidak merasakan sakit. Ada sedikit sakit cuma jauh lebih enak dibandingkan saat di Indonesia Open. Jadi untuk persiapannya sekarang ini sudah baik," ujarnya.

Begitu pun dengan kondisi Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang dinilai cukup bagus dan siap menatap Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Sementara untuk Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Aryono mengatakan, saat ini kedua pemain itu difokuskan berlatih di lapangan berangin.

"Untuk Bagas/Fikri setelah juara di All England 2022 memang mengalami penurunan signifikan. Kemungkinan karena mereka kurang bisa beradaptasi dengan lapangan yang berangin dan itu mereka akui sendiri."

"Jadi kalau bermain di lapangan ber-AC kurang nyaman. Nah, hal-hal itu yang mereka siasati dalam latihan-latihan (menuju Kejuaraan Dunia ini)," Aryono menjelaskan.

Kendati begitu, Aryono menilai, bila persiapan keseluruhan atletnya tiga hari menjelang keberangkatan ke Jepang relatif sudah siap. Ia pun mengimbau agar para pemainnya tetap berhati-hati terutama agar jangan sampai cedera.

"Kami mempersiapkan untuk ganda putra kurang lebih dua bulan. Jadi untuk semua seperti fisik, teknik, sudah kami siapkan semua," kata Aryono.

"Untuk latihan-latihan terakhir jelang keberangkatan kami menekankan kepada pemain supaya lebih fokus lagi dalam strategi bermain. Artinya, dalam pola-pola latihan dan akurasi pukulannya lebih diterapkan kepada strategi dan pola-pola," kata Aryono.

"Selain itu, kami juga berharap mereka bisa menjaga kesehatan dan berhati-hati dalam latihan terakhir ini karena sangat krusial beberapa hari sebelum berangkat. Jangan sampai sakit dan jangan sampai ada yang cedera," Aryono mengimbau.

Di Kejuaraan Dunia kali ini, Indonesia menurunkan empat wakil dari sektor ganda putra, yaitu Kevin/Marcus, Hendra/Ahsan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Bagas/Fikri. Keempatnya masuk dalam daftar unggulan.

Dari keempatnya, PBSI mengharapkan satu gelar juara dapat dipersembahkan pada ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Ganda putra Indonesia terakhir kali menjadi juara pada Kejuaraan Dunia 2019 melalui Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.



Simak Video "Salah Melempem Salah Siapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT