Rinov/Pitha Bakal Habis-habisan Lawan Peraih Emas Olimpiade 2020

ADVERTISEMENT

Rinov/Pitha Bakal Habis-habisan Lawan Peraih Emas Olimpiade 2020

Mercy Raya - Sport
Selasa, 23 Agu 2022 18:25 WIB
Rinov Rivaldy, Pitha Haningtyas Mentari
Foto: Dok, PBSI
Jakarta -

Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari memastikan tiket 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Di babak itu, mereka akan bertemu peraih emas Olimpiade Tokyo, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Pasangan China berperingkat empat dunia tersebut merupakan salah satu musuh ganda campuran Indonesia yang sulit dikalahkan. Mereka kerap menjadi momok bagi Rinov dkk untuk meraih prestasi yang lebih tinggi. Selain ada pasangan lainnya, Zheng Siwei/Huang Ya Qiong.

Dari head-to-head kedua pasangan, Rinov/Mentari belum sekalipun mampu menembus kekuatan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping. Dari tiga pertemuan, semuanya berakhir kekalahan untuk Rinov/Mentari.

Terbaru saat di Badminton Asia Championship, Rinov/Mentari kalah dari unggulan ketiga itu dengan skor 13-21, 11-21. Sedangkan dua pertemuan lainnya tersaji di Thailand Open 2019 dan Malaysia Open 2019. Semuanya memetik hasil serupa, kekalahan straight game (10-21, 17-21 dan 12-21, 6-21).

Kini, di Kejuaraan Dunia tahun ini kedua pasangan ini kembali dipertemukan di babak 16 besar. Rinov/Mentari melangkah ke babak ketiga usai mengalahkan Lee Yang/Yang Ching Tun (Taiwan) dengan skor 21-15, 19-21, 21-8.

Sementara itu, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping lolos setelah memenangkan pertandingan ketat melawan Chen Tang Jie/Peck Yen Wei (Malaysia) tiga gim 21-14, 12-21, 21-11.

Merespons pertemuan keempatnya dengan ganda campuran China itu, Rinov bertekad menampilkan permainan terbaiknya. Ia tidak kendur karena kans menang masih terbuka.

"Tidak ada yang tidak mungkin. Kami juga sudah latihan keras. Lusa kami harus bisa mengeluarkan yang maksimal, apapun hasilnya berjuang dulu sampai titik darah penghabisan," kata Rinov, usai tanding.

Sehubungan itu, ia dan Mentari akan mempertajam fokus dan mengurangi kesalahan sendiri saat bertanding. Hal itu tak lepas dari evaluasi laga yang ia dan Mentari lakoni pada Selasa (23/8/2022).

"Di gim kedua itu kami kurang fokus dan lebih banyak melakukan kesalahan sendiri. Ini yang harus terus diperbaiki ke depannya," tutur Rinov.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT