ADVERTISEMENT

Malaysia Cetak Sejarah di Kejuaraan Dunia, Ada Peran Rexy Mainaky

Mercy Raya - Sport
Minggu, 28 Agu 2022 20:20 WIB
Rexy Mainaky ditemui wartawan di Senayan pada Jumat (9/12/2016)
Rexy Mainaky mempunyai peran besar bisa membawa Malaysia mencatatkan sejarah di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. (Foto: detikSport/Femi Diah)
Jakarta -

Malaysia untuk kali pertama meraih gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Sejarah yang diukir tersebut terjadi karena peran pelatih asal Indonesia, Rexy Mainaky.

Ialah ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik, yang sukses mempersembahkan medali emas bagi tim Negeri Jiran dari sektr ganda putra.

Tinta emas itu mereka raih usai mengalahkan ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di partai final yang bergulir di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, pada Minggu (28/8/2022).

Dalam pertandingan tersebut, Aaron/Soh yang didampingi Rexy Mainaky di pinggir lapangan sejatinya tak mengawali laga dengan baik. Mereka kerap tertinggal bahkan hingga interval gim pertama 6-11.

Aaron/Soh kemudian mendapat pengarahan dari Rexy, namun masih terus tertinggal hingga posisi 12-18. lalu, unggulan keenam itu bangkit dan berhasil memperkecil jarak menjadi 18-19.

Mereka berbalik unggul dan menang saat Hendra gagal bermain sabar. Dua bola yang dismash Hendra menyangkut di net dan menjadi tambahan poin buat Aaron/Soh. Mereka pun kemudian menang dengan skor 21-19.

Di gim kedua, Aaron/Soh memanfaatkan permainan Hendra/Ahsan yang mengendur dan kerap melakukan kesalahan sendiri. Mereka pun berbalik mendominasi dan menang 21-14. Aaron/Soh pun berhak atas medali emas melalui kemenangan atas Hendra/Ahsan.

Kian istimewa, kemenangan Aaron/Soh menjadi yang pertama sepanjang keikutsertaan Malaysia di Kejuaraan Dunia sejak dipertandingkan pada 1977.

Dalam catatan pemenang Kejuaraan Dunia, Malaysia belum pernah sekalipun mengantarkan atletnya menjadi juara. Baru saat Kejuaraan Dunia tahun ini, Malaysia berhasil mempersembahkan medali emas lewat kemenangan Aaron/Soh.

Dan hasil itu diperoleh setelah Rexy bergabung dengan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) sebagai Direktur Pelatih pada Desember 2021.

Ini kali kedua Rexy bergabung dengan tim Negeri Jiran. Pertama kali, saudara kandung dari Richard dan Rionny Mainaky itu bergabung pada 2005 hingga 2012.



Simak Video "Sederet Klub Elite Eropa Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT