Australia Open 2022: Putri KW Petik Pelajaran dari Nozomi Okuhara

ADVERTISEMENT

Australia Open 2022: Putri KW Petik Pelajaran dari Nozomi Okuhara

Mercy Raya - Sport
Kamis, 17 Nov 2022 13:35 WIB
Putri Kusuma Wardani
Foto: dok PBSI
Jakarta -

Putri Kusuma Wardani harus puas terhenti di babak kedua Australia Open 2022 setelah disingkirkan pebulutangkis Jepang, Nozomi Okuhara. Meski begitu, ia petik banyak pelajaran.

Bertanding di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Sydney, Kamis (17/11/2022) siang, Putri KW sebenarnya sudah mampu bermain baik dan berjuang maksimal melawan Nozomi.

Dia mampu memaksakan rubber game meskipun berakhir kalah karena kalah pengalaman. Putri takluk dari Nozomi setelah bermain selama 61 menit dengan skor 17-21, 21-16, 17-21.

Putri ucap syukur kendati hasilnya ia harus terhenti di babak-babak awal. "Bisa merebut satu gim, itu juga sudah menyenangkan bagi saya. Bisa main rubber game melawan juara dunia dan peraih perunggu Olimpiade itu pun saya sudah bersyukur," kata Putri dalam rilis PBSI.

"Pola main Nozomi itu sebenarnya tidak menyulitkan. Cuma lurus-lurus dan polos. Saat saya mencoba main dengan pola banyak perubahan, lawan jadi tidak nyaman. Cuma, harus diakui, netingnya tipis-tipis," Putri menjelaskan jalannya pertandingan.

Putri sekaligus menyoroti permainannya secara khusus di gim ketiga. Ia terlalu terburu-buru untuk cepat mematikan permainan lawan sehingga berdampak membuat kesalahan sendiri. Padahal, bermain melawan Nozomi itu dirinya harus sabar, ulet, dan tidak boleh membuat kesalahan sendiri.

"Banyak pelajaran yang bisa saya dapatkan dari pertandingan melawan Nozomi. Harus bermain tenang, tidak boleh buru-buru, dan tidak boleh membuat kesalahan sendiri," tutur Putri KW.

Selain itu, Putri juga mengakui bahwa dirinya kalah pengalaman dengan lawan. "Harus diakui, pengalaman Nozomi itu banyak sekali. Dia memang tampil lebih baik. Saat poinnya terkejar, dia tidak panik. Sebaliknya saya, saat lawan dapat satu poin, saya malah sering jadi panik. Ini pelajaran yang bisa saya petik," kata Putri.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT