Update Ranking BWF: Ginting Geser Jonatan dari Posisi 3 Dunia

ADVERTISEMENT

Update Ranking BWF: Ginting Geser Jonatan dari Posisi 3 Dunia

Mercy Raya - Sport
Selasa, 17 Jan 2023 10:51 WIB
Anthony Sinisuka Ginting di Malaysia Open 2023
Anthony Sinisuka Ginting. Foto: dok. PBSI
Jakarta -

Pebulutangkis putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting kini menempati peringkat tiga dunia dalam ranking BWF teranyar. Ia menggeser rekannya di Pelatnas, Jonatan Christie, yang sempat menduduki posisi itu selama dua pekan terakhir.

Kepastian itu diperoleh setelah Badminton World Federation (BWF) kembali melakukan pembaharuan ranking para pebulutangkis top dunia per tanggal 17 Januari 2023.

Dari daftar 10 besar tunggal putra, nyaris semua pebulutangkis putra mengalami perubahan. Anthony Ginting kini mengoleksi 76.299 poin dari semula 75.749 poin. Perubahan ini boleh jadi karena hasil perempatfinal di Malaysia Open 2023.

Selain Anthony yang naik satu tingkat, menggeser Jonatan yang turun ke peringkat keempat, lima pebulutangkis asing Kodai Naraoka (Jepang), Loh Kean Yew (Singapura), Kunlavut Vitidsarn (India), dan Lu Guang Zu (China) juga mengalami perubahan. Masing-masing menempati peringkat enam sampai 10.

Sementara pebulutangkis yang masih tetap pada posisinya yaitu Viktor Axelsen (Denmark) dan Lee Zii Jia (Malaysia) menempati peringkat satu dan dua, serta Chou Tien Chen (Taiwan) di posisi kelima.

Perubahan positif juga dialami pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang kini masuk dalam jajaran lima dunia. Poinnya meningkat tajam menjadi 70.300 dari semula 61.900 setelah mampu mencapai babak semifinal Malaysia Open 2023.

Keduanya sejatinya berpeluang untuk menjejak final turnamen BWF Super 1000 tersebut. Akan tetapi, Fadia mengalami cedera engkel kanan dan membuat Apri/Fadia harus mundur saat permainan sudah memasuki gim kedua. Skor berakhir 9-21, 0-2.

Sementara dari sektor ganda putra, kenaikan signifikan juga terjadi pada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Rambitan. Mereka mendapat kenaikan empat tingkat. Kini masing-masing menduduki ranking 19 dan 20.

Sedangkan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin turun satu tingkat dan kini berada di posisi 12 dan 15. Bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tetap bertahan di peringkat satu dan dua dunia.

Dari sektor tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung serta ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati tak mengalami perubahan ranking dari pekan sebelumnya.

Justru Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, pemain nonpelatnas, yang mampu menembus 16 besar BWF. Posisi mereka naik tiga tingkat dari sebelumnya di ranking 19.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT