DetikSepakbola
Rabu 06 Juni 2018, 13:26 WIB

Banyak Diprotes, Laga Argentina vs Israel Akhirnya Dibatalkan

Redzi Arya Pratama - detikSport
Banyak Diprotes, Laga Argentina vs Israel Akhirnya Dibatalkan Laga Argentina dengan Israel jelang Piala Dunia 2018 akhirnya dibatalkan (REUTERS/Marcos Brindicci)
Jakarta - Laga ujicoba jelang Piala Dunia 2018 antara Israel dan Argentina akhirnya dibatalkan. Selain banyak dapat tentangan, muncul juga ancaman pada Lionel Messi.

"Kedutaan besar Israel dengan menyesal mengumumkan penangguhan pertandingan antara Israel dan Argentina," demikian pernyataan resmi Israel dikutip dari France24.

Dalam pernyataannya, pihak Israel juga menyebut ada ancaman dan provokasi terhadap Lionel Messi. Namun tidak dijelaskan dengan jelas ancaman dan provokasi seperti apa yang muncul.



Laga ujicoba Israel dengan Argentina sudah memicu kontroversi sejak awal. Laga pemanasan menuju Piala Dunia 2018 itu rencananya dihelat di Haifa, namun otoritas Israel mengusulkan untuk dipindahkan ke Yerusalem.

Publik Palestina langsung melontarkan protes keras atas rencana tersebut. Itu terkait dengan sengketa antara Palestina dan Israel terkait status Yerusalem yang diklaim sebagai ibukota Israel. Pihak Palestina menganggap ada motif politik di balik laga tersebut.

Aksi protes dilakukan Palestina dengan berencana membakar foto dan jersey milik Messi.



Sementara itu, pada Selasa (5/6/2018) media lokal Argentina sudah mengabarkan terlebih dahulu bahwa laga akan dibatalkan. Apalagi Menteri Luar Negeri Argentina, Jorge Faurie, sempat mengatakan bahwa para pemain Argentina sebenarnya enggan bermain di Israel.

"Sejauh yang saya tahu, para pemain timnas tak mau bermain di laga tersebut," ujar Faurie sebelum konfirmasi pembatalan tersebut.


(din/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed