DetikSepakbola
Senin 11 Juni 2018, 14:53 WIB

Messi Vs Ronaldo di Piala Dunia

Rifqi Ardita Widianto, Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Messi Vs Ronaldo di Piala Dunia MeMenantikan kiprah Messi dan Ronaldo di Piala Dunia 2018. Foto: Ronaldo (Clive Brunskill/Getty Images), Messi (Kevin Jairaj-USA TODAY Sports)
Jakarta - Pertarungan Lionel Messi Vs Cristiano Ronaldo selalu jadi momen tersendiri yang dinantikan di Piala Dunia. Ada pembuktian lain yang ditunggu dari dua superstar.

Sukses Messi dan Ronaldo di level klub sudah tak perlu diragukan lagi. Messi sudah meraih total 32 trofi bersama Barcelona, sementara Ronaldo merengkuh 25 titel bersama Sporting, Manchester United, dan Real Madrid.

Bergelimang gelar di level klub, keduanya relatif tak mencolok di level internasional. Dalam hal ini, Ronaldo bisa dibilang masih sedikit lebih baik dari Messi karena berhasil membawa Portugal juara Piala Eropa pada 2016 lalu.

Meski demikian, niscaya masih ada pembuktian lain yang perlu dilakukan Ronaldo yakni di Piala Dunia. Dia akan menegaskan diri sebagai legenda Portugal jika bisa membawa timnas juara untuk kali pertama.

Sementara bagi Messi, gelar juara Piala Dunia akan menyejajarkan diri dengan sang senior Diego Maradona, yang sukses mengantarkan Argentina juara di 1986. Itu adalah trofi Piala Dunia terakhir untuk La Albiceleste sampai saat ini.

Menilik kiprah Messi dan Ronaldo di Piala Dunia, keduanya harus diakui tak pernah terlalu mencolok. Messi memang membawa Argentina melangkah ke final di Piala Dunia 2014 lalu, tapi produktivitasnya tak segila di klub. Ronaldo pun serupa.

Messi dan Ronaldo sama-sama sudah menjalani tiga Piala Dunia, yakni di Jerman, Afrika Selatan, dan Brasil. Messi total baru bikin lima gol di 15 pertandingan, sedangkan Ronaldo malah baru tiga gol dari 13 laga.

Gol pertama Messi di Piala Dunia diciptakan di Jerman 2006, kala membantu Argentina menang 6-0 atas Serbia-Montenegro. Itu jadi satu-satunya gol Messi di turnamen, dengan Argentina terhenti di perempatfinal usai kalah 3-5 dari Jerman.

Di Afrika Selatan 2010, bintang didikan Barcelona ini malah tak menyumbang gol satupun kendati dicatat Transfermarkt membuat tiga assist. Argentina kembali terhenti di perempatfinal, kalah 0-4, lagi-lagi dari Jerman.

Baru di Brasil 2014 lalu Messi terlihat lebih menonjol. Dia selalu bikin gol di fase grup, membuat satu gol ke gawang Bosnia-Herzegovina dan Iran, lalu dua gol ke gawang Nigeria. Namun setelah itu keran golnya macet.

Akan tetapi Messi mampu membawa Argentina melangkah ke final, hanya untuk kembali merasakan kekalahan dari Jerman, kali ini dengan skor tipis 0-1 di babak tambahan.

Soal gol di Piala Dunia, Ronaldo bisa dibilang lebih sepi. Bintang Real Madrid itu rata-rata mencetak satu gol di satu Piala Dunia. Gol pertamanya di turnamen ini diciptakan ke gawang Iran pada 2006. Portugal kalah dari Prancis di semifinal pada ajang ini, lalu dibungkam Jerman 1-3 di perebutan tempat ketiga.

Di Piala Dunia 2010, Ronaldo bikin satu gol ke gawang Korea Utara di laga kedua fase grup. Itu satu-satunya golnya sepanjang turnamen, di mana Portugal terhenti di babak 16 besar usai kalah 0-1 dari Spanyol.

Rekornya tak membaik di Brasil 2014 lalu. Usai Portugal kalah 0-4 dari Jerman di laga pertama, Ronaldo gagal membawa tim menang atas Amerika Serikat dan diimbangi 2-2. Ronaldo lantas bikin satu gol di laga terakhir fase grup melawan Ghana, yang tak berarti banyak untuk Portugal. Mereka tersingkir dini.

Melihat kiprah Messi dan Ronaldo di Piala Dunia sejauh ini, tak mengherankan jika para pecinta sepakbola masih menantikan kecemerlangan keduanya di Piala Dunia 2018. Akankah Messi dan Ronaldo sama-sama unjuk ketajaman di Rusia? Mungkin sampai berduel di final?

Perbandingan Messi dan Ronaldo di Piala Dunia

Lionel Messi:

Piala DuniaJumlah PenampilanJumlah Gol
200631 gol
201050 gol
201474 gol
Total155 gol

Cristiano Ronaldo:

Piala DuniaJumlah PenampilanJumlah Gol
200661 gol
201041 gol
201431 gol
Total133 gol



(raw/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed