DetikSepakbola
Jumat 15 Juni 2018, 01:10 WIB

Data-Fakta Usai Rusia Berpesta Gol ke Gawang Arab Saudi

Yanu Arifin - detikSport
Data-Fakta Usai Rusia Berpesta Gol ke Gawang Arab Saudi Pemain Timnas Rusia Artem Dzyuba (tengah) merayakan golnya ke gawang Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018. (Foto: Grigory Dukor/Reuters)
Moscow - Timnas Rusia mengemas kemenangan meyakinkan dengan skor 5-0 atas Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018. Berikut data dan faktanya.

Piala Dunia 2018 resmi dibuka dengan pertandingan Grup A antara Rusia vs Arab Saudi di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis (14/6/2018). Tuan rumah pesta gol di laga itu.

[Gambas:Video 20detik]

Rusia langsung unggul 2-0 di babak pertama. Dua gol perdana Sbornaya, julukan Rusia, dicetak oleh Yuri Gazinskiy dan Denis Cheryshev.

Di babak kedua, Rusia bisa menambah tiga gol ke gawang Arab Saudi. Cheryshev mencetak gol keduanya, disusul satu gol dari Artem Dzyuba dan Aleksandr Golovin.


Ada banyak fakta tercipta usai Rusia menang 5-0 atas Arab Saudi. Berikut data yang disarikan oleh Opta:

- Skor 5-0 membuat Rusia mencatat kemenangan terbesar kedua di laga pembuka Piala Dunia sebagai tuan rumah. Sebelumnya Italia mencetak kemenangan besar sebagai tuan rumah di Piala Dunia 1934 ketika menggulung Amerika Serikat 7-1.

- Rusia akhirnya bisa mencetak tiga gol lebih di Piala Dunia. Terakhir kali Rusia melakukannya terjadi di Piala Dunia 1994, ketika mengalahkan Kamerun 6-1.

- Artem Dzyuba hanya butuh 89 detik di lapangan untuk mencetak gol. Ia menjadi pemain pengganti tercepat yang bikin gol sejak Marcin Zewlakow (Polandia) membobol gawang Amerika Serikat di Piala Dunia 2002 dalam tempo 64 detik.

- Denis Cheryshev menjadi pemain pengganti pertama yang bisa mencetak gol di laga perdana sepanjang sejarah Piala Dunia.

- Yuri Gazinskiy menjadi pemain yang bisa mencetak gol lewat shot on target pertamanya di Piala Dunia. Terakhir kali yang melakukannya adalah pemain Jerman Philipp Lahm di Piala Dunia 2006.

- Sergei Ignashevich menjadi pemain tertua Rusia yang tampil di Piala Dunia dengan usia 38 tahun 355 hari.




Tonton juga 'Dua Gol Cantik Cheryshev, Sang Super-sub Rusia':

[Gambas:Video 20detik]


(yna/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed