DetikSepakbola
Selasa 10 Januari 2017, 12:25 WIB

Kritikan buat Messi cs Setelah Absen di Acara FIFA

Kris Fathoni W - detikSport
Kritikan buat Messi cs Setelah Absen di Acara FIFA Foto: Alex Caparros/Getty Images
Zurich - Lionel Messi dan rekan-rekan setimnya di Barcelona absen dalam acara pemberian penghargaan FIFA. Beberapa pihak mengkritik hal itu.

Messi sejatinya mendapat undangan, dan diharapkan hadir karena jadi salah satu kandidat pemain terbaik, dalam acara tersebut. Andres Iniesta, Gerard Pique, dan Luis Suarez yang diundang pun sama-sama absen.

[Baca juga: Permintaan Maaf Iniesta Tak Hadiri Acara Penghargaan Pemain Terbaik FIFA]

Barcelona menyatakan bahwa hal itu dikarenakan mereka harus berlatih untuk menghadapi pertandingan Copa del Rey lawan Athletic Bilbao di tengah pekan. Klub Catalan itu sendiri bukannya absen sama sekali karena sejumlah petinggi klub hadir dengan delegasi tersebut dipimpin langsung presiden klub Josep Maria Bartomeu.

Cristiano Ronaldo, pemain Real Madrid yang akhirnya menyabet penghargaan pemain terbaik dunia FIFA, menanggapi absennya Messi cs itu dengan diplomatis.

[Baca juga: Yang Terbaik dalam Anugerah Sepakbola FIFA]

"Saya memahami keputusan itu, ia memiliki pertandingan penting pada hari Rabu," ucap Ronaldo seperti dilansir ESPNFC.com.

Pernyataan dengan nada berbeda dilontarkan Roberto Carlos, mantan pesepakbola asal Brasil yang pernah main untuk Real Madrid dan kini menjadi duta klub tersebut. Ia menyebut absennya Messi terasa aneh seraya menegaskan bahwa di masa lalu Ronaldo tidak pernah absen di acara serupa kendatipun tidak dijagokan.

Foto: AFP PHOTO / Fabrice COFFRINI

"Cristiano sudah menyadari pentingnya acara semacam ini dan saya pikir Leo juga perlu belajar untuk berada di sini. Ini harus berubah. Real Madrid pun akan bertanding pekan ini tapi kesemuanya datang ke Zurich. Kewajiban untuk menang buat klub sama besarnya buat mereka berdua," ujar Roberto Carlos.

Michel Salgado, mantan pemain Real Madrid lain, juga menyuarakan kritikan serupa. Ia menduga kesuksesan El Real belakangan ini sudah berperan dalam keputusan Barcelona absen dalam acara itu.

"Real Madrid untuk sementara merupakan tim terbaik dunia jadi mungkin ini sudah berpengaruh pada keputusan para pemain Barcelona. Mereka keliru tidak mengirimkan pemain-pemain terbaiknya. Saya tahu di masa lalu klub itu punya masalah dengan FIFA, tapi Barcelona perlu memahami bahwa FIFA mulai berubah. Bukan begini perilaku yang Anda harapkan dari salah satu klub besar dunia," sebut Salgado.

Menilik bahwa kedua sosok itu adalah mantan pemain Los Blancos, kritikan terhadap Barcelona boleh jadi dianggap sebagian kalangan lebih banyak bernuansa subjektif. Tapi Diego Maradona, legenda sepakbola Argentina, yang dalam karier profesionalnya pernah bermain untuk Los Cules pun ikut melontarkan kritik--secara khusus ke Messi.

"Saya kecewa dengan Messi. Menyaksikan dari rumah lewat televisi, Anda jadi tak bisa memberikan perlawanan. Di sini Anda bisa melakukannya," kata Maradona kepada TVE.

Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann

"Saya tak tahu kenapa Barcelona tidak datang ke ajang sepenting ini. Mereka punya prioritas sendiri dan itu membuat Leo tidak datang. Saya pikir perjuangan mereka akan lebih bermakna dengan datang ke sini ketimbang tetap di Barcelona," sebutnya.



(krs/rin)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed