DetikSepakbola
Selasa 28 Feb 2017, 11:35 WIB

Aksi Heroik Kone Selamatkan Nyawa Kiper Lawan di Tengah Pertandingan

Randy Prasatya - detikSport
Aksi Heroik Kone Selamatkan Nyawa Kiper Lawan di Tengah Pertandingan Foto: fotbal.idnes
Dolicek - Penyelamatan heroik terjadi di Liga Republik Ceko akhir pekan lalu. Striker Slovacko, Francis Kone, menyelamatkan nyawa kiper lawan, Martin Berkovec.

Laga imbang 0-0 Bohemians dengan Slovacko bergulir Sabtu (25/2/2017) di Dolicek diwarnai sebuh insiden. Saat pertandingan bergulir 30 menit, terjadi tabrakan antara Berkovec dengan rekan satu timnya di Bohemians, Daniel Krch.

Peristiwa itu terjadi ketika Kone mengejar umpan rekan satu timnya ke arah jantung pertahanan Bohemian. Berkovec yang berupaya menjaga gawang, keluar dari sarangnya untuk menyapu bola dengan kepala. Kerena komunikasi yang kurang baik, ia akhirnya beradu kepala dengan Kruch dan jatuh terkapar.

Kone yang sempat kejatuhan tubuh Berkovec segera melihat ke arah wajah kiper 28 tahun itu. Kondisinya terlihat sangat buruk. Spontan, sebuah pertolongan pertama dilakukan Kone. Dia segera memasukkan tangan ke mulut Berkovec sebelum tim medis tiba.

"Ini bukan pertama kalinya saya melakukan pertolongan. Sepertinya itu yang keempat kali. Dua kali di Afrika, sebelumnya di Thailand," ungkap Kone seperti dilansir ESPN.

"Saya langsung memeriksa kondisinya untuk melihat apakah dia (Berkovec) tidak menelan lidahnya," sambungnya.

Berkat tindakan tersebut, Berkovec terhindar dari kemungkinan yang lebih buruk. Kemudian dia dibawa ke rumah sakit bersamaan dengan Kruch, yang tidak separah rekannya itu.

Di akhir laga, tindakan Kone mendapat apresiasi dari pelatih Bohemians, Miroslav Koubek. Sang pelatih menegaskan bahwa tindakan untuk menolong sesama pemain lebih utama daripada pertandingan.

"Saya berharap mereka baik-baik saja. Ketika rekan dari penyelenggara mengatakan kepada saya bahwa ada Francis [Kone] yang membantu, saya angkat topi kepadanya," ujar Koubek seperti dilansir Mirror.

"Dia bertindak sangat profesional dalam situasi tersebut, memberi pertolongan pertama dan mengambil lidah Berkovec. Hal itu lebih penting dari pertandingan," tegasnya.

Saat ini, Berkovec sudah keluar dari rumah sakit. Menurut kabar yang dilansir Independent, pada malam harinya sang kiper sudah sadar dan diizinkan pulang. Dia mengucapkan terima kasih melalui akun pribadi di Facebook.


(fem/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed