DetikSepakbola
Jumat 17 Mar 2017, 04:38 WIB

Mbappe Dinilai Punya Potensi Ikuti Jejak Thierry Henry

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Mbappe Dinilai Punya Potensi Ikuti Jejak Thierry Henry Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Monaco - Kylian Mbappe menjadi sensasi di musim ini. Penyerang AS Monaco itu dinilai punya potensi besar, bahkan diperkirakan bisa mengikuti jejak Thierry Henry.

Mbappe baru 18 tahun, tapi sudah menunjukkan bakat besarnya. Sebagai penyerang, dia punya sejumlah kualitas yang menonjol: kecepatan, kemampuan olah bola, juga insting gol yang tinggi.

Sejauh ini dia punya koleksi 17 gol plus 10 assist, dari 31 penampilan di seluruh ajang. Dia turut mencetak dua gol, yang membantu Monaco lolos ke perempatfinal Liga Champions menyingkirkan Manchester City lewat keunggulan gol tandang dalam skor agregat 6-6.

Penampilan cemerlangnya musim ini membuatnya lantas dipanggil memperkuat tim nasional senior Prancis untuk kali pertama. Pelatih Prancis Didier Deschamps memasukkannya ke dalam skuat untuk laga menghadapi Luksemburg dan Spanyol pada 26 dan 29 Maret mendatang.

Karakter permainan Mbappe sendiri sudah lama disama-samakan dengan seniornya, Thierry Henry. Apalagi Henry juga memulai karier profesionalnya di Monaco. Deschamps pun mengakui hal tersebut.

Dia kini cuma berharap Mbappe bisa mengikuti jejak kebintangan Henry, yang menjadi salah satu penyerang paling dihormati di Eropa dan dunia.

"Saya berharap Kylian punya karier yang sama seperti Thierry Henry. Titi (Henry) dulu sangat matang sebagai pemain muda, tapi saya rasa Kylian juga merupakan pemain yang matang," kata Deschamps dikutip Soccerway.

"Kylian masuk skuat karena dia telah menunjukkan selama beberapa bulan terakhir, bahwa dia punya kualitas. Kualitas itu tak pandang umur."

"Semuanya akan bertanya apakah ini momen yang tepat, tapi saya menantikan untuk melihatnya bersama dengan tim. Dia punya kemampuan-kemampuan yang sangat spesifik. Para pemain muda lain sudah melalui jalan ini sebelum dia dan saya rasa ini momen yang tepat untuknya."

"Yang membuatnya jadi pemain setangguh ini, terlepas dari kemampuannya, adalah bagaimana dia selalu tetap tenang. Itu sangat jarang untuk seseorang dengan usianya," imbuhnya.

Henry aktif bermain dari 1994-2014 sebagai pemain. Dalam periode itu, dia memenangi gelar di Prancis, Inggris, dan Spanyol, termasuk memenangi Liga Champions di level klub. Henry juga membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 serta Piala Eropa 2000.
(raw/cas)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed