DetikSepakbola
Rabu 29 Maret 2017, 14:36 WIB

Brasil Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2018

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Brasil Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2018 Foto: REUTERS/Nacho Doce
Jakarta - Brasil dipastikan menjadi negara pertama --selain tuan rumah Rusia-- yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Lolosnya Brasil tak lepas dari hasil-hasil kualifikasi di zona CONMEBOL.

Brasil sendiri meraih kemenangan atas Paraguay dengan skor 3-0 dalam pertandingan kualifikasi di Arena Corinthians, Sao Paulo, Rabu (29/3/2017) pagi WIB. Hasil itu membuat mereka kukuh di puncak klasemen zona CONMEBOL dengan 33 poin dari 14 pertandingan.

Kepastian lolosnya Brasil tak lepas dari kekalahan yang diderita Argentina dan Uruguay. Argentina ditaklukkan Bolivia dengan skor 0-2, sementara Uruguay tumbang 1-2 di markas Peru beberapa jam usai laga Brasil vs Paraguay tuntas digelar.

Dengan empat pertandingan tersisa, Brasil sudah dipastikan tidak akan finis lebih rendah dari peringkat empat yang merupakan posisi akhir untuk tiket lolos langsung ke Rusia.




Bagaimana Brasil bisa dipastikan lolos? Begini hitung-hitungannya.

Brasil saat ini memimpin klasemen dengan 33 poin. Kolombia menyusul dengan 24 poin, diikuti Uruguay dan Chile yang sama-sama punya 23 poin. Sementara itu, Argentina yang duduk di peringkat lima (zona playoff) punya 22 poin.

Di antara empat tim yang berpeluang melewati perolehan angka Brasil itu, dengan catatan Brasil selalu kalah dalam empat laga tersisa, Uruguay dan Argentina masih harus saling berhadapan pada 31 Agustus mendatang. Dengan demikian, maka keduanya tidak mungkin sama-sama meraih poin maksimal (12) di empat pertandingan tersisa.

Apapun hasil pertandingan antara Uruguay dan Argentina, posisi finis terburuk untuk Brasil adalah peringkat empat. Itu berarti mereka berhak lolos ke putaran final di Rusia tahun depan.

Dengan demikian, dalam catatan di situs resmi FIFA, Brasil menjadi satu-satunya negara yang selalu tampil di Piala Dunia.


(nds/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed