DetikSepakbola
Rabu 29 Maret 2017, 15:57 WIB

Brasil Lolos Piala Dunia 2018, Tite: Tak Perlu Bandingkan Timnya dengan Dunga

Femi Diah - detikSport
Brasil Lolos Piala Dunia 2018, Tite: Tak Perlu Bandingkan Timnya dengan Dunga Foto: REUTERS/Paulo Whitaker
Sao Paulo - Tite berhasil meloloskan tim nasional Brasil ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia. Tite meminta agar publik menatap ke depan, bukannya melihat hasil-hasil buruk sebelumnya.

Brasil sudah di ambang Piala Dunia 2018 setelah meraih kemenangan atas Paraguay 3-0 di Sao Pulo dalam pertandingan Rabu (29/3/2017) pagi WIB. Tiket dipastikan menjadi milik Brasil setelah Peru berhasil meraih kemenangan atas Uruguay 2-1 pada pertandingan yang bergulir setelahnya.

Tuntutan tinggi belum benar-benar sirna dari pndak Tite setelah berhasil memastikan langkah di putaran final Piala Dunia 2018. Sebab, pertarungan sebenarnya belum dimulai.

Apalagi, Brasil sudah terlalu lama tak meraih gelar juara di turnamen bergengsi. Yakni, sejak mereka menjadi juara Piala Dunia 2002 Jepang dan Korea. Pada gelaran 2006 Selecao tersingkir di babak perempatfinal, kemudian dikalahkan Jerman 1-7 di babak semifinal yang tragisnya dituai di hadapan publik sendiri.

Namun setidaknya bersama Tite, Brasil meraih tiket dengan cara yang sangat meyakinkan. Mereka selalu menang dalam sembilan pertandingan yang dijalani sejak Tite didapuk menggantikan Dunga pada Juni 2016.

Publik pun membanding-bandingkan kebangkitan Brasil yang cuma dalam tempo singkat bersama Tite dengan masa kepemimpinan Dunga.

"Pertama saya memahami pertanyaan kalian, tapi saya tak bisa membandingkan dengan situasi-situasi sebelumnya," kata Tite seperti dikutip Soccerway.

"Pada tahap dan momen ini persaingan grup sangat sengit. Sepakbola adalah tentang melakukan serangkaian langkah penting. Jika tim mampu tumbuh dan melakukan konsolidasi, ayolah biarkan mereka terus meningkat. Saya akan memonitor setiap langkah biar makin solid ke depannya.

"Setiap pertandingan, setiap sesi latihan, kami akan membangun konsolidasi dan evplusi tim," imbuh dia.



(fem/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed