DetikSepakbola
Jumat 07 Apr 2017, 07:34 WIB

Italia Incar Juara Dunia di 2022

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Italia Incar Juara Dunia di 2022 Foto: Getty Images/Claudio Villa
Florence - Piala Dunia 2018 bukanlah target utama Timnas Italia saat ini. Namun Gli Azzurri menunggu para pemain mudanya "matang" dan siap jadi juara di 2022.

Sejak menjuarai Piala Dunia 2006, penampilan Italia relatif menurun drastis yang ditandai sulitnya klub-klub mereka bersaing di kompetisi Eropa. Piala Dunia 2010 dan Piala Dunia 2014 jadi bukti di mana Italia langsung tersingkir di fase grup.

Memang Italia sempat melaju ke final Piala Eropa 2012 namun mereka kalah telak 0-4 dari Spanyol. Barulah di Piala Eropa 2016 kemarin, Italia menunjukkan perkembangan dengan melaju ke perempatfinal meski akhirnya takluk dari Jerman.

Kini di bawah pelatih Giampiero Ventura, Italia sedang menata lagi kekuatannya di persepakbolaan dunia. Bermodalkan para pemain muda yang tengah meroket di Serie A, Italia punya misi untuk bangkit dan kembali menjadi "raja".

Para pemain seperti Andrea Belotti, Gianluigi Donnarumma, Mattia Caldara, Daniele Rugani, Roberto Gagliarini, Federico Bernardeschi, Marco Verratti dan Alessio Romagnoli, siap ditempa dalam beberapa tahun ke depan.

Harapannya mereka sudah sangat matang untuk bisa membawa Italia jadi juara dunia di Qatar 2022.

"Tujuan utama kami jelas bukan memenangi Piala Dunia di Rusia, tapi kami pun tidak ingin membatasi diri kami," ujar Ventura keada La Gazzetta dello Sport.

"Para pemain muda itu harus jadi masa depan dari tim nasional. Dengan perencanaan ke depan, Anda bisa meraih hasil. Piala Eropa 2016 meninggalkan tim nasional yang sudah jadi dalam beberapa tahun terakhir dan kami dihadapkan dengan beberapa pilihan: mengandalkan tim yang ada untuk meraih hasil instan atau memulai proyek untuk mengandalkan para pemain muda agar mencapai performa terbaiknya," sambungnya.

"Mereka punya potensi hebat, tapi memang belum siap dan butuh waktu berkembang. Contoh saja berlatih bersama para pemain juara dari Juventus adalah pengalaman berharga."

"Poin penting dari para pemain muda ini adalah bisa belajar dari Gigi Buffon untuk menjadi seorang juara."

"Italia mungkin belum siap menjadi juara di 2018, tapi kami sudah siap untuk 2022. Sama seperti timnas saat dipenuhi pemain muda di 1978 dan tampil oke sebelum jadi juara dunia di 1982," tutup Ventura.



(mrp/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed