DetikSepakbola
Selasa 11 Apr 2017, 04:56 WIB

AS, Kanada, dan Meksiko Akan Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2026

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
AS, Kanada, dan Meksiko Akan Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2026 Foto: AFP PHOTO / BARBARA SAX
New York - Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko menyatakan tekad mereka untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026 mendatang.

Tiga negara CONCACAF itu mengonfirmasi tekad mereka melalui sebuah konferensi pers di New York, Senin (10/4/2017). Acara tersebut dihadiri oleh presiden federasi sepakbola dari ketiga negara, yaitu Sunil Gulati (AS), Victor Montagliani (Kanada), dan Decio De Maria (Meksiko).

Piala Dunia 2026 adalah turnamen piala dunia pertama sejak FIFA menambah jumlah peserta dari 32 menjadi 48 tim. Jika pencalonan AS, Kanada, dan Meksiko sukses, ini akan menjadi pertama kalinya sebuah event Piala Dunia digelar di tiga negara berbeda.

AS sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994, sedangkan Meksiko sudah dua kali menjadi tuan rumah, yaitu pada tahun 1970 dan 1986. Sementara itu, Kanada pernah menggelar Piala Dunia Wanita pada 2015. Tuan rumah Piala Dunia 2026 akan diumumkan pada Mei 2020.

Negara-negara Eropa dan Asia tak akan bisa mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 karena Piala Dunia 2018 digelar di Rusia sementara Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Dalam proposal yang akan diajukan, AS berencana menggelar 60 pertandingan, sementara Kanada dan Meksiko masing-masing menggelar 10 laga.

"Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada masing-masing telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa untuk menjadi tuan rumah event-event kelas dunia," ujar Gulati seperti dikutip BBC.

"Ketika negara-negara kami muncul sebagai sebuah kesatuan -- seperti yang akan kami lakukan untuk 2026 -- tak perlu diragukan bahwa Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada akan memberikan pengalaman yang merayakan permainan dan melayani para pemain, suporter, dan juga para mitra," katanya.


(mfi/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed