Del Bosque: Spanyol Bukan Favorit Juara

ADVERTISEMENT

Del Bosque: Spanyol Bukan Favorit Juara

- Sepakbola
Kamis, 15 Okt 2009 10:47 WIB
Madrid - Spanyol meraih hasil sempurna dalam sepuluh laganya di kualifikasi Piala Dunia 2010. Namun pelatih Spanyol Vicente Del Bosque menolak jika skuadnya dikatakan favorit juara.  

Spanyol menutup kualifikasi di Grup 5 dengan mengalahkan Bosnia 5-2, Kamis (15/10/209) dinihari WIB. Hasil tersebut membuat Tim Matador mengemas nilai maksimal, 30 poin dari 10 pertandingan.

Kemenangan tersebut membuat Spanyol bersama Belanda menjadi tim Eropa yang mencatat rekor 100 persen kemenangan di babak kualifikasi. Bedanya, Belanda hanya memainkan delapan pertandingan di grup mereka.

Spanyol juga meneruskan sukses mereka tidak terkalahkan saat menjadi juara di Euro 2008. Mereka hanya tergelincir di turnamen Piala Konfederasi 2009 di mana mereka hanya sampai semifinal dan menjadi juara ketiga.

Apa yang diraih Spanyol saat kualifikasi tampaknya menunjukkan bahwa mereka siap berprestasi di Afsel 2010. Pelatih Del Bosque pun mengakui skuadnya bermain baik melawan Bosnia meski tanpa Fernando Torres dan Xavi Hernandez.

"Kami bermain dengan intensitas yang luar biasa. Namun jalan masih panjang dan sulit di depan kami. Kita lihat jika kami dapat masih seperti ini hingga final. Statistik mendukung," ungkap Del Bosque kepada AS.

Meski demikian Del Bosque mengakui bahwa jalannya skuadnya untuk meraih sukses di Afrika Selatan masih panjang. "Kami tahu akan sangat sulit. Kami memang bukan favorit tapi kami sebagai penantang," ujarnya. (key/a2s)

ADVERTISEMENT