sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 15 Des 2016 11:29 WIB

Aksi Solidaritas Fans Klub-Klub Turki Usai Insiden Bom di Stadion Besiktas

Kris Fathoni W - detikSport
Foto: AFP PHOTO / OZAN KOSE
Istanbul - Suporter dari sejumlah klub Turki menyambangi stadion Besiktas dalam sebuah aksi solidaritas yang mendobrak batas-batas kecintaan terhadap klub kegemaran semata.

Dalam aksi solidaritas itu, AFP melaporkan ribuan fans sepakbola dari sejumlah klub Turki datang ke stadion markas Besiktas saat tim tuan rumah akan menjalani partai Piala Liga Turki lawan Kayserispor di Vodafone Arena, Kamis (15/12/2016) waktu lokal.

Itu merupakan laga kandang pertama Besiktas setelah adanya insiden bom bunuh diri di luar stadion klub Istanbul itu pada awal bulan ini. 44 orang kehilangan nyawa akibat ledakan bom tersebut; 37 orang aparat kepolisian dan tujuh warga sipil.

Sebelum kick-off pertandingan para suporter dari sejumlah klub top Turki, yang biasanya terlibat rivalitas sangat panas, menundukkan kepala untuk semenit mengheningkan cipta. Dalam balutan sejumlah jersey di antaranya Besiktas, Fenerbahce, Galatasaray, dan Trabzonspor, kesemuanya berjejer kompak memperlihatkan kebersamaan di hadapan aksi teror, yang ditegaskan tak bakal memecah-belah negeri mereka.

Aksi Solidaritas Fans-Fans Klub Turki Usai Insiden Bom di Stadion BesiktasFoto: AFP PHOTO / OZAN KOSE
"Saat ini suporter Galatasaray bersama kami, suporter Fenerbahce juga," ucap Veyiz Oguz, salah satu staf pelatih Besiktas, merujuk pada dua klub besar Istanbul seraya menegaskan bersatunya suporter sepakbola Turki dalam momen duka.

"Hari ini kami fans Trabzonspor, Besiktas, Galatasaray, semuanya bersatu padu. Dengan seizin Tuhan, hal-hal buruk akan berrakhir dan pertandingan-pertandingan sepakbola kami bakal berakhir dengan damai," timpal Mehmet, seorang fans dari Kayserispor.

Seyma, seorang suporter perempuan yang menggemari Galatasaray, turut berkomentar. "Ini adalah hari untuk memperlihatkan persatuan. Hari ini persahabatan akan menang. Turki akan berjaya."

Lautan karangan bunga penanda duka terlihat di depan stadion Besiktas. Juga ada bermacam-macam syal dari sejumlah klub Turki, memperlihatkan tekad persatuan mereka.

Pekan ini Besiktas mengumumkan bahwa seluruh seluruh hasil penjualan tiket dalam pertandingan itu akan didonasikan buat kerabat korban ledakan bom. "Kami mengundang suporter dari seluruh tim. Kami membuat keputusan itu untuk memperlihatkan bahwa kami satu hati dalam menghadapi teror," kata Hakan Ozkose yang merupakan seorang anggota dewan klub Besiktas.

Aksi Solidaritas Fans-Fans Klub Turki Usai Insiden Bom di Stadion BesiktasFoto: AFP PHOTO / OZAN KOSE

"Apa yang kami alami ini rasanya sakit," ucap Anil Akbulut, seorang suporter Fenerbahce, yang menegaskan apa pun hasil dari pertandingan itu tidaklah sepenting solidaritas antarsuporter klub Turki.

"Tidak peduli tim mana yang saya dukung. Saya tahu pemasukan dari tiket yang saya beli ini akan disumbangkan ke keluarga korban, dan itulah mengapa saya dan tunangan saya datang untuk menyaksikan pertandingan," sebutnya.


(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com