DetikSepakbola
Selasa 30 Mei 2017, 16:59 WIB

Nasib Jelek Para Peraih Sepatu Emas Musim Ini yang Gagal Jadi Juara

Doni Wahyudi - detikSport
Nasib Jelek Para Peraih Sepatu Emas Musim Ini yang Gagal Jadi Juara Foto: REUTERS/Albert Gea
Jakarta - Ada fenomena menarik di kompetisi domestik teratas Eropa musim ini: para peraih sepatu emas, alias topskorer, tidak satupun yang meraih titel juara Liga.

Urutannya bisa kita mulai dari Premier League. Harry Kane yang mengoleksi 29 gol hanya bisa mengantar Tottenham Hotspur finis di posisi kedua, kalah dari Chelsea.

Musim 2016/2017 menjadi salah satu yang terbaik yang pernah dijalani Kane. Dia melesakkan 29 gol tersebut dari 30 pertandingan, selain itu dia juga tercatat mengreasikan tujuh assist.

Lalu di Serie A ada Edin Dzeko. Striker asal Bosnia Herzegovina total melesakkan 29 gol dan 12 assist untuk AS Roma. Tapi Dzeko tetap tak bisa mengantar timnya menandingi keperkasaan Juventus, sang peraih Scudetto.

Berikutnya adalah Edinson Cavani. Bermain 36 kali untuk Paris Saint Germain di Ligue 1, striker asal Uruguay itu mempersembahkan 35 gol plus empat assist. Meski Cavani rata-rata mencetak gol setiap 85 menit, toh PSG harus puas dengan posisi dua klasemen. Juara Liga Prancis musim ini adalah AS Monaco.

Dari Liga Portugal muncul nama Bas Dost, yang musim ini 34 kali menjebol gawang lawan-lawan Sporting. Meski begitu, striker asal Belanda itu hanya bisa mengantar timnya finis di posisi tiga Liga Portugal.

Pierre Emerick Aubameyang berada di urutan selanjutnya. Dia melesakkan 31 gol untuk Borussia Dortmund sepanjang musim Bundesliga 2016/2017. Kontribusi besarnya itu membuat Dortmund finis di posisi tiga klasemen.

Yang terakhir adalah Lionel Messi. Dengan 37 gol yang dibuat untuk Barcelona, Messi adalah pemain tersubur La Liga musim lalu. Jumlah gol itu sekaligus mengantar dia memenangi Sepatu Emas Eropa.

Kontribusi Messi memang besar, tapi inkonsistensi Barcelona membuat mereka gagal menjadi juara La Liga. Barca kalah tiga angka dari Real Madrid di klasemen akhir La Liga Primera.
(din/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed