DetikSepakbola
Rabu 13 Desember 2017, 18:20 WIB

Kenapa Ronaldo Tak Masuk 10 Besar Striker Terbaik Musim 2017/2018?

Doni Wahyudi - detikSport
Kenapa Ronaldo Tak Masuk 10 Besar Striker Terbaik Musim 2017/2018? Foto: Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Jakarta - Cristiano Ronaldo baru saja menerima Ballon d'Or. Tapi karena gol yang minim dan tak efisien, dia tak masuk 10 besar penyerang terbaik musim ini.

Daftar penyerang terbaik musim 2017/2018 (hingga Desember) disusun oleh CIES Football Observatory dengan mengumpulkan data dari lima kompetisi domestik terbaik dunia. Meski baru pekan lalu dapat Ballon d'Or, Ronaldo tak masuk 10 besar.

Penyerang 32 tahun itu cuma berada di posisi 12. Di Liga Spanyol dia ada di posisi dua, kalah dari Rodrigo Moreno (Valencia). Tapi Ronaldo masih lebih unggul dibanding Luis Suarez.

Dikutip dari DailyMail, CIES Football Observatory menggunakan formula yang kompleks dengan memperhitungkan beragam indikator dalam menyusun daftar ini. Di antaranya adalah penciptaan peluang, distribusi bola, dan jumlah tembakan untuk menentukan pemain terbaik di masing-masing posisi.

Setelah angka-angka didapatkan, Sergio Aguero muncul sebagai striker terbaik saat ini. Penyerang Manchester City itu membuat 19 peluang dari 11 penampilan di Premier League. Dia melesakkan 11 gol dari 30 tembakan, plus tiga assist.

Sementara Ronaldo baru bikin empat gol, jumlah tersebut dia dapat setelah melepaskan 57 tembakan. CR7 juga telah menciptakan 19 peluang dari 11 penampilan di La Liga. Sedangkan assist baru dua.



Bagaimana dengan Lionel Messi?

Messi dikategorikan sebagai winger oleh CIES Football Observatory. Dengan kontribusi besarnya mengantar Barca bertengger di puncak klasemen saat ini, Messi berada di posisi paling atas, mengalahkan Raheem Sterling, Neymar, dan Arjen Robben yang ada di posisi dua sampai empat.
(din/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed