DetikSepakbola
Selasa 20 Maret 2018, 01:53 WIB

Lolos dari Fase Grup Piala Dunia Saja Sudah Bagus Buat Inggris

Redzi Arya Pratama - detikSport
Lolos dari Fase Grup Piala Dunia Saja Sudah Bagus Buat Inggris Timnas Inggris diprediksi takkan melaju jauh di Piala Dunia 2018 (Carl Recine/Action Images via Reuters)
London - Timnas Inggris diprediksi tak bakal berbicara banyak di Piala Dunia. Bahkan sekadar lolos dari fase grup saja sudah bagus untuk Tim Tiga Singa.

Inggris melewati kualifikasi dengan sangat baik. Berada di Grup F, The Three Lions tak terkalahkan dengan rekor 8 menang dan 2 imbang. Bersama Gareth Southgate, Inggris dianggap punya harapan.

Pasalnya, Southgate benar-benar memprioritaskan kolektivitas tim. Tak ada bintang yang benar-benar menonjol laiknya Inggris saat diperkuat pemain macam David Beckham, Steven Gerrard, Frank Lampard, hingga John Terry.


Meski begitu, mantan pesepakbola kontroversial Inggris Joey Barton punya pendapat berbeda. Menurutnya, Inggris sudah biasa tampil bagus di kualikfias dan membuat tim itu digadang-gadang jadi calon juara di sebuah turnamen.

Tapi, Barton menilai Inggris kerap demam panggung jika tampil di turnamen sebenarnya. Wajar jika cuma Piala Dunia 1966, trofi yang bisa didapat Inggris sepanjang sejarahnya.

Barton bahkan tak berani bertaruh Inggris bisa melaju jauh di Rusia musim panas nanti. Lolos fase grup disebutnya sudah bagus.

"Saya pikir Anda tak bisa menilai tim dari kualifikasi. Inggris sangat baik pada tiap kualifikasi pada turnamen-turnamen internasional terakhir. Itu bukan indikator untuk performa di turnamen," ungkap Barton kepada Omnisport.


"Anda harus memberi kredit kepada Southgate di kualifikasi, seperti memberikan kredit kepada Roy Hodgson. Perkembangan Inggris di Piala Dunia akan dipengaruhi hal-hal psikologis. Bisa menghadapi Piala Dunia dengan pikiran positif akan sangat baik. Apakah kami bisa melakukannya? Saya tak tahu," lanjutnya.

"Saya pikir kami harus lolos di babak grup Piala Dunia. Itu adalah raihan minimal mereka. Apapun yang mereka dapati setelah itu adalah bonus."

Inggris yang tergabung di Grup G Piala Dunia akan menghadapi Tunisia, Panama, dan Belgia.





(mrp/ran)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed