sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 19 Jun 2019 13:24 WIB

Qatar Bermasalah, Ini Dia Calon Tuan Rumah Baru Piala Dunia 2022

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Piala Dunia 2022 bisa batal digelar di Qatar? (Clive Rose/Getty Images) Piala Dunia 2022 bisa batal digelar di Qatar? (Clive Rose/Getty Images)
Jakarta - Qatar terus saja didera masalah terkait penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Oleh karenanya, muncul desakan agar Piala Dunia dipindah ke negara lain. Mana saja?

Sejak penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah pada bidding tahun 2010 silam, banyak pihak yang memang mempertanyakannya. Qatar memang punya banyak uang untuk membangun stadion baru, tapi menggelar turnamen musim panas di sana adalah hal tak masuk akal.

Sebab, suhu di Qatar rata-rata di atas 40 derajat celcius pada musim panas dan ini membahayakan pemain serta suporter. Pada prosesnya, Piala Dunia akhirnya digelar pada akhir tahun, sekitar November-Desember 2022.




Selain itu terpilihnya Qatar juga menimbulkan dugaan bahwa ada suap yang melibatkan banyak petinggi FIFA. Hal itu terbukti ketika mantan presiden FIFA Sepp Blatter tertangkap beberapa tahun lalu yang merembet ke kroni-kroninya, termasuk terakhir mantan presiden UEFA dan legenda Prancis Michel Platini.

Dengan tertangkapnya Platini, maka desakan agar Qatar dicabut mandatnya sebagai tuan rumah makin menguat. Fans-fans pun meminta Piala Dunia dipindah ke negara lain saja.

Beberapa media top dunia pun memunculkan lima calon nama yang digadang-gadang bakal jadi tuan rumah pengganti Qatar. Siapa saja?

Pertama adalah Inggris yang memang dari segi infrastruktur dan sarana pendukung sudah siap untuk menggelar partai-partai Piala Dunia. Apalagi mereka punya Wembley yang merupakan stadion terbesar kedua di Eropa setelah Camp Nou.




Selain itu, Amerika Serikat yang dikalahkan Qatar dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2022, juga dianggap siap dari berbagai segi untuk mengggelar turnamen tersebut. Apalagi sepakbola di Negeri Paman Sam tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara ada Spanyol yang juga kandidat. Tidak perlu dipertanyakan lagi kesiapan infrastruktur terutama stadion-stadion yang tiap pekannya rutin menggelar kompetisi top LaLiga.

Yang keempat adalah Argentina yang terakhir jadi tuan rumah pada 1978. Argentina sebagai negara besar sepakbola berpeluang menggelar turnamen itu dengan stadion-stadion megah yang dipunya seperti Monumental Antonio V. Liberti, Presidente Juan Domingo Peron, dan Estadio Mario Alberto Kempes.

Belanda tidak pernah menggelar Piala Dunia sama sekali dalam sejarah mereka. Oleh karenanya, Belanda pantas diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah.

Jadi, apakah FIFA mau menuruti publik dengan membatalkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia?


(mrp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed