sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 24 Sep 2019 07:25 WIB

Izinkan Lawan Cetak Gol, Bielsa dan Leeds Raih FIFA Fair Play Award 2019

Adhi Indra Prasetya - detikSport
1 FIFA Apresiasi Sportivitas Bielsa dan Leeds
Halaman 2 dari 2
Saat Abert Adomah mencetak gol ke gawang Leeds United (Foto: George Wood/Getty Images)

Aksi Bielsa dan Leeds itu pun dapat penghargaan dari FIFA. FIFA mengapresiasi sportivitas Bielsa kendati pada akhirnya Leeds dirugikan.

"Sebagian orang menganggap kemenangan adalah yang utama, satu-satunya tujuan dalam olahraga. Namun bagi sebagian lainnya, ada nilai-nilai yang perlu dijunjung lebih tinggi daripada meraih kemenangan," bunyi pernyataan resmi FIFA.

"Pada April 2019, Marcelo Bielsa dan Leeds United sedang mengejar promosi otomatis menuju Premier League. Menghadapi Aston Villa, mereka unggul 1-0. Namun, gol yang dicetak Mateusz Klich terjadi saat seorang pemain Villa terbaring di lapangan karena cedera. Bielsa lalu menyuruh timnya untuk membiarkan lawan menyamakan kedudukan."

"Laga tersebut berakhir 1-1, membuat rival mereka, Sheffield United mendapatkan jatah promosi otomatis menuju Premier League. Besarnya harga yang mereka pertaruhkan membuat tindakan sportif Bielsa menjadi semakin luar biasa," sambung pernyataan tersebut.

Seusai pertandingan tersebut, Bielsa sempat berkomentar terkait keputusannya.

"Yang sudah terjadi, terjadilah. Sepakbola Inggris dikenal dunia karena nilai-nilai mulia yang dimilikinya," ujar Bielsa kala itu.

Bielsa sendiri tidak hadir dalam seremoni tersebut. Penerimaan penghargaan diwakili oleh kapten Leeds, Liam Cooper, dan pelatih kebugaran mereka, Benoit Delaval.

(nds/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com