Mengenal Flamengo, Klub Brasil Rasa Eropa

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 20 Des 2019 15:55 WIB
Sejumlah pemain Flamengo pernah bermain di klub-klub besar Eropa. Foto: Francois Nel/Getty Images
Doha - Liverpool akan bertemu Flamengo di final Piala Dunia Antarklub 2019. Klub asal Brasil itu memiliki sejumlah pemain yang pernah lama malang melintang di Eropa.

Flamengo datang ke Piala Dunia Antarklub edisi kali ini dengan menyandang status juara Copa Libertadores 2019. Mereka secara dramatis mengalahkan River Plate 2-1 di final usai mencetak dua gol di menit-menit akhir pertandingan.

Seperti Liverpool, Flamengo juga langsung masuk ke semifinal di Piala Dunia Antarklub. Bertemu wakil Asia, Al-Hilal, mereka sukses menang 3-1 meski sempat tertinggal lebih dulu.

Secara komposisi pemain, Flamengo memang bukan sembarang tim. Dari 23 pemain yang didaftarkan, 19 di antaranya asli Brasil dan sebagian besar pernah atau masih aktif di Timnas Brazil, seperti Filipe Luis yang berhasil mengantarkan Selecao menjuarai Copa America 2019.



Selain itu, sejumlah pemain Flamengo sudah pernah merasakan atmosfer sepakbola di Eropa, bahkan pernah tampil di Liga Champions, sehingga lebih mudah dalam memahami gaya bermain tim besar Eropa seperti Liverpool.

Di posisi kiper, ada Diego Alves yang pernah membela Valencia selama enam musim. Di Spanyol, ia dikenal sebagai jagoan dalam menepis penalti. 24 penalti berhasil ia gagalkan, termasuk tendangan Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Antoine Griezmann.



Simak Video "Liverpool Latah Ingin Gaet Chiesa, Juventus Menolak!"
[Gambas:Video 20detik]