Ousmane Dembele Minta Maaf Perihal Video Rasisme

Bayu Baskoro - Sepakbola
Selasa, 06 Jul 2021 07:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - FEBRUARY 16: Ousmane Dembele of FC Barcelona looks on during the UEFA Champions League Round of 16 match between FC Barcelona and Paris Saint-Germain at Camp Nou on February 16, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Ousmane Dembele melakukan pelecehan rasial kepada tiga pekerja di Jepang. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Bintang Barcelona, Ousmane Dembele, terekam kamera mengolok-olok tiga pekerja Asia secara rasial di Jepang. Pemain asal Prancis itu meminta maaf.

Sebuah video berdurasi 42 detik viral di media sosial. Isinya memperlihatkan dua bintang Barcelona, Dembele dan Antoine Griezmann.

Dembele dan Griezmann tampak menyaksikan tiga orang teknisi Asia yang sedang membetulkan televisi di kamar hotel. Keduanya terdengar mengejek para teknisi tersebut dengan kalimat tak pantas yang merendahkan penampilan fisik dan bahasa mereka.

"Semua wajah jelek ini, hanya agar Anda bisa bermain PES [Pro Evolution Soccer]. Apakah Anda tidak malu?" kata Ousmane Dembele.

"Bahasa terbelakang macam apa itu?. Apakah Anda berteknologi maju di negara Anda atau tidak?" kata Dembele.

Antoione Griezmann cuma tertawa saat Dembele bicara seperti itu. Pemain 30 tahun tersebut juga sempat mengatakan sesuatu, namun tidak terdengar jelas.

Video ejekan rasisme itu mengundang reaksi negatif dari para penggemar. Banyak yang menuntut supaya Dembele dan Griezmann meminta maaf atas aksi tidak terpuji tersebut.

Dembele akhirnya buka suara mengenai video viral itu. Dia mengakui kesalahannya dan menyebut video itu direkam di Jepang pada 2019, tepatnya ketika Barcelona melakukan tur pra-musim ke Negeri Sakura.

"Adegan itu terjadi di Jepang. Hal tersebut bisa terjadi di mana saja di planet ini, saya akan menggunakan ekspresi yang sama," kata Dembele via InstaStory di akun @o.dembele7, Senin (5/7/2021).

"Jadi saya tidak menargetkan komunitas mana pun. Saya terkadang menggunakan ekspresi semacam ini secara pribadi, dengan teman-teman, terlepas dari mana asal mereka," sambungnya.

"Video ini sekarang beredar di publik. Saya dapat membayangkan bahwa itu bisa menyinggung orang-orang yang ada dalam video tersebut. Oleh karena itu, saya menyampaikan permintaan maaf saya yang paling tulus kepada mereka," demikian kata Ousmane Dembele.



Simak Video "#Sadseptember, Perasaan Fans Barca Ditinggal Messi dan Griezmann"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)