DetikSepakbola
Rabu 13 Januari 2010, 21:10 WIB

PSSI Buka Pintu untuk Pemain WNI Keturunan

- detikSport
PSSI Buka Pintu untuk Pemain WNI Keturunan
Jakarta - Nurdin Halid setuju kalau timnas mulai menggunakan pemain lokal keturunan yang bermain di luar negeri. Namun, Ketua Umum PSSI itu mempersoalkan satu hal. Apa itu?

Kegagalan timnas melaju ke putaran final Piala Asia 2011 sudah jadi peringatan kalau Pasukan \\\'Merah Putih\\\' sudah saatnya melakukan regenerasi pemain.

Namai-nama lawas seperti Bambang Pamungkas, Ponaryo Astaman, Charis Yulianto, dan Budi Sudarsono harus merelakan tempatnya kepada para \\\'darah muda\\\'.

Selain tentunya para pemain muda yang berkompetisi di Tanah Air, muncul wacana untuk memakai pemain Indonesia keturunan yang berada di benua seberang macam Irfan Bachdim, Donovan Partosubroto, Jefry Leiwakabessy atau Sergio Van Dijk yang pernah diisukan akan jadi striker timnas tahun lalu.

Ditanya soal hal tersebut, Nurdin membenarkan kalau PSSI akan merencanakan perekrutan para pemain itu.

\\\"Soal pemain Indonesia yang bermain di luar indonesia, memang nanti akan kami bicarakan setelah kongres. Saya sudah kirim tim ke Belanda untuk memantaunya. Kemarin waktu saya ke Australia saja sudah ada lima pemain,\\\" terang Nurdin pada wartawan di kantor PSSI, Senayan, Rabu (13\/1\/2010) sore WIB.

Namun demikian, pria asal Bone itu menanyakan apakah memang masyarakat kita tak akan protes jika benar para pemain itu mengenakan kostum Merah Putih?

\\\"Ini ide yang sangat bagus, masalahnya apakah bangsa ini mau menerima atau tidak? Sepakbola lain dengan bulutangkis, di sini lebih sensitif kalau soal sepakbola,\\\" lugasnya merujuk pada banyak mantan pebulutangkis macam Hendrawan atau Ivana Lie yang mengharumkan nama bangsa justru sebelum menjadi WNI.

Dalam catatan detiksport<\/strong>, wacana serupa sudah pernah dilontarkan PSSI sebelumnya tetapi selalu gagal dalam pelaksanannya.





(mrp/arp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed