DetikSepakbola
Jumat 20 September 2013, 22:03 WIB

Piala AFF U-19

Kandaskan Timor Leste, Indonesia Jumpa Vietnam di Final

- detikSport
Kandaskan Timor Leste, Indonesia Jumpa Vietnam di Final Detiksurabaya/Bruriy Susanto
Sidoarjo - Indonesia berhasil lolos ke babak final turnamen Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Timor Leste 2-0 di semifinal. Di partai puncak mereka akan kembali menghadapi Vietnam.

Pada pertandingan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (20\/9\/2013) malam, Indonesia tampil gemilang dan menguasai permainan hampir selama 90 menit.

Tim asuhan pelatih Indra Sjafrie dkk. bermain sangat agresif dalam menyerang, dan itu dilakukan sejak babak pertama dimulai. Sampai delapan menit pertama Timor Leste memberi perlawanan cukup berarti melalui serangan balik yang cukup berbahaya.

Memasuki menit ke-10, Maldini Pali mencoba menggebrak sisi kiri pertahanan Timor Leste. Umpan silangnya menemui Ilham Udin Armayin di depan kotak penalti. Dengan sepakan kaki kiri, ia mengarahkan bola ke sudut jauh, yang kemudian tak mampu dihentikan kiper Timor Leste, Fagio Augusto. Gol, 1-0 Indonesia memimpin.

Gol tersebut tampak meningkatkan kepercayaan diri Evan Dimas dkk. Dengan permainan umpan-umpan pendek yang terbilang cermat dan apik, mereka semakin mendominasi lawannya.

Sejumlah peluang emas diperoleh, yang membuat para penonton menahan nafasnya, namun tidak ada gol lagi yang tercipta sampai babak pertama selesai.

Sebuah kemelut di menit 37 di kotak penalti Indonesia memakan \\\"korban\\\". Penjaga gawang Ravi Murdianto ditarik keluar karena cedera. Dia digantikan Rully Desrian.

Di babak kedua Indonesia tidak mengendurkan tempo permainannya. Baru semenit restart, Ilham Udin melakukan sebuah percobaan yang dapat dipatahkan kiper Augusto.

Dalam keadaan kian nyaman, gol kedua Indonesia datang di menit 60. Dimas Evan mengacak-acak sisi kiri pertahanan lawan, sebelum melepaskan umpan tarik ke tengah. M. Hargianto menerima bola dengan tenang, lalu melepaskan tembakan keras kaki kiri yang langsung bersarang di pojok kiri gawang Timor Leste.

Evan Dimas kembali membuka peluang gol pada menit ke-72, namun bola dapat diamankan Augusto.

Walaupun selepas menit ke-80 permainan Indonesia sedikit mengendur, tapi skuat \\\"Garuda Muda\\\" tetap menguasai permainan. Sejumlah peluang bagus juga tetap diperoleh, tapi sampai pertandingan selesai skor tidak berubah, tetap 2-0.

Di final Indonesia akan berjumpa dengan Vietnam, yang beberapa jam sebelumnya mengalahkan Laos 1-0 di Stadion Petrokimia, Gresik. Gol semata wayang itu diceploskan Cong Phuong pada menit ke-74.

Sejak kick off <\/em>Vietnam sudah tampil agresif. Memasuki menit ke-15 beberapa peluang gol pun diciptakan tim asuhan Graechen Guillaume tersebut. Phuong, Tuan Anh, dan Thanh Tung berulang kali mencoba membobol gawang Laos. Namun sebanyak itu pula usaha mereka gagal.

Pelatih Laos Chandalaphone Liepvisay diusir keluar lapangan pada menit ke-69 karena menyatakan protes yang kelewatan kepada wasit. Pada babak kedua itu pula sejatinya Laos menciptakan peluang gol. Namun tak berbuah gol.

Vietnam pun mengubah strategi. Guillaume menginstruksikan penyerang Lam Thi Phong untuk memimpin serangan lewat sektor kanan. Keputusan itu memang membuat Vietnam menguasai permainan namun tak berhasil menambah koleksi gol.

Final Indonesia versus Vietnam akan digelar di Sidoarjo pada hari Minggu (22\/9). Sebelumnya kedua tim sudah bertemu di babak grup, dengan Vietnam tampil sebagai pemenang dengan skor 2-1.





(fem/a2s)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed