DetikSepakbola
Senin 09 Maret 2015, 13:25 WIB

Anak-Anak Indonesia Dapat Penilaian Positif dari Tim Pelatih MU

- detikSport
Anak-Anak Indonesia Dapat Penilaian Positif dari Tim Pelatih MU
Jakarta -

Tim pelatih dari Manchester United Soccer Schools (MUSS) memantau langsung jalannya seleksi CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy di Jakarta. Mereka memberikan penilaian positif untuk anak-anak muda Indonesia.

MUSS mengirim Andy Robinson dan Kevin O'Connell ke Jakarta untuk memantau seleksi tahap province round di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Sabtu-Minggu (7-8 Maret) lalu. Robinson dan O'Connell datang bersama mantan striker The Red Devils, Andy Cole.

Selama dua hari penuh Robinson dan O'Connell melihat jalannya 16 pertandingan di Jakarta yang melibatkan 16 tim. Mereka dengan serius mengamati pemain-pemain yang sedang beraksi, baik dari pinggir lapangan maupun tribun. Di tangan mereka ada setumpuk kertas tempat mereka mencatat pemain-pemain dengan kemampuan menonjol.

Penilaian dari Robinson dan O'Connell selanjutnya akan dikombinasikan dengan penilaian dari talent scout lokal, Kurniawan Dwi Yulianto dan Zaenal Abidin Zapello. Hasilnya adalah 11 nama yang dinominasikan sebagai pemain terbaik dari Jakarta.

Dalam wawancara dengan detikSport, Robinson mengatakan bahwa para pemain Indonesia memiliki beberapa kelebihan dan potensi untuk jadi pemain bagus.

"Secara teknik sangat bagus. Para pemain tengahnya bagus, para pemain bertahan dengan cukup oke. Mereka sangat antusias dan menghargai ofisial, rekan-rekan setim, dan pemain lawan. Itulah yang dicari oleh Manchester United Soccer Schools," ujar Robinson di GOR Soemantri Brodjonegoro, Minggu (8/3).

"Setiap pemain memiliki potensi. Manchester United Soccer Schools cuma memastikan bahwa mereka enjoy. Kami akan melihat beberapa elemen, yakni teknik -- yang punya porsi besar, fisik -- yang juga penting, apakah mereka mau belajar, mental, apakah mereka punya kepercayaan diri, apakah mereka tidak takut untuk membuat kesalahan karena ketika Anda mencoba berbagai hal Anda akan membuat kesalahan. Tapi, itu untuk menguji apakah anda mau belajar," tambahnya.

Saat ditanya apakah dirinya yakin pemain-pemain Indonesia punya kualitas untuk menjadi pemain bagus, Robinson mengiyakannya.

"Dari apa yang saya lihat, secara teknik bagus, pemain dengan kaki kanan maupun kiri. Secara fisik cepat, kuat, dan dinamis, yang mana Anda butuhkan untuk bermain sepakbola. Mereka punya semua kualitas dan tak ada alasan mereka tak bisa berkembang," katanya.


(mfi/a2s)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed