DetikSepakbola
Jumat 06 Mei 2016, 00:11 WIB

Soal KLB PSSI, Menpora: Jangan Sia-siakan Kepercayaan Pemerintah

Edward Febriyatri Kusuma - detikSport
Soal KLB PSSI, Menpora: Jangan Sia-siakan Kepercayaan Pemerintah Foto: detikSport/Rengga Sancaya
Jakarta - Menpora Iman Nahrawai telah merespon keinginan Kelompok 85 yang menginginkan KLB (Kongres Luar Biasa). Dia pun meminta agar kepercayaan pemerintah tidak disia-siakan.

Kelompok 85, yang terdiri dari 87 pemilik suara itu, mendesak kepada PSSI untuk segera menggelar KLB. Kelompok yang dipimpin oleh Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar itu telah menyerahkan surat yang berisi tanda tangan masing-masing anggota yang menginginkan KLB.

"Sekarang berikan waktu sepenuhnya bagi semua anggota PSSI. Pemerintah sudah berikan keyakinan mereka mau berubah. Ayo, kepercayaan pemerintah ini jangan dibuang. Manfaatkan, kalau mereka mau KLB silakan," ujar Iman usai acara Nusantara Mengaji di Mesjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Kamis (5/5/2016).

"Saya kira yang paling berpengaruh itu di mata anggota, ya, saya baca di media beberapa poin anggota melihat nggak ada pimpinan yang efektif. Saya kira yang paling risau anggota," sambung Imam menanggapi status tersangka korupsi yang dijatuhkan kepada Ketum PSSI La Nyala.

Pemerintah sendiri, kata Imam, menginginkan perubahan cara berpikir dalam organisasi itu. Termasuk dalam melakukan pembinaan dan pengelolaan federasi.

"Kalau pemerintahkan, bagaimana cara melakukan perubahan sistemik baik itu pengelolaan federasi, kompetisi, termasuk pembinaan usia dini. Ini harus dikelola dengan baik dengan manajemen yang transparan," pungkasnya.

PSSI sendiri sudah menerima surat yang berisi tanda tangan anggota yang menginginkan KLB tersebut. Namun, mereka juga mengklaim bahwa masih banyak klub anggota PSSI yang menolak KLB.

"Saat itu kami menerima 480 surat pernyataan dari klub anggota PSSI, bahwa mereka menolak KLB. Bahkan dalam pertemuan 34 Asprov PSSI, pertengahan Maret lalu, juga ada Deklarasi Jakarta, yang isinya juga menolak KLB," kata Sekjen PSSI Azwan Karim, Selasa (3/5) lalu.


(edo/roz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed