DetikSepakbola
Selasa 21 Mar 2017, 12:08 WIB

Cerita Sang Ayah Soal Keinginan Ezra Walian Membela 'Skuat Garuda'

Amalia Dwi Septi - detikSport
Cerita Sang Ayah Soal Keinginan Ezra Walian Membela Skuat Garuda Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport
Sentul - Keinginan Ezra Walian menjadi pemain naturalisasi akhirnya tercapai. Menurut sang ayah, Glenn Walian, keputusan Ezra menjadi WNI berasal dari dalam dirinya sendiri.

Ezra sudah dinyatakan sebagai WNI setelah Keppres (Keputusan Presiden) keluar. Keppres tersebut bernomor 5/PWI tahun 2017, tertanggal 20 Maret 2017.

Lahir dan besar di Belanda ternyata tak membuat Ezra melupakan garis keturunannya. Glenn menyebut setiap pulang ke Indonesia, anaknya mengaku seperti berada di rumahnya sendiri.

Sampai akhirnya, Ezra mengaku terpanggil untuk bisa menjadi WNI dan membela Timnas Indonesia. Glenn menegaskan keputusannya itu murni dari dalam dirinya, tanpa tekanan dan paksaan.

[Baca Juga: Kesan Pertama Ezra Walian Latihan Bareng Timnas Indonesia]

"Dia mengenal Indonesia seperti saya yang lahir di Jakarta. Sejak pertama kali dia datang ke Indonesia, dia merasa seperti ada di rumah. Saya tidak dapat mengambarkan, tapi begitulah perasaanya. Saya tidak pernah menekan. Motivasi itu datang dari dalam dirinya sendiri," ungkap Glenn.

Glenn menilai Indonesia memiliki pemain-pemain berbakat. Namun dengan keputusan anaknya tersebut, Ezra diyakini akan termotivasi tampil lebih baik.

"Saya pikir pemain Indonesia memiliki banyak potensi dan setiap kali saya melihat pemain Indonesia, saya selalu takjub dengan para pemain mudanya," katanya.

"Saya pikir Ezra akan menjadi pemain yang penting bagi timnas karena dia sangat termotivasi bermain untuk Indonesia. Saya berpikir pemain lain juga begitu. Dia memilih Indonesia untuk masa depannya, saya pikir itu penting. Itulah yang dia lakukan,"

Glenn pun berharap setelah menjadi WNI, Ezra tetap bekerja keras dan berprilaku baik seperti yang dia lakukan di Belanda. Dia berdoa semoga pemain 19 tahun itu bisa sukses mewujudkan cita-citanya itu.

Cerita Sang Ayah Soal Keinginan Ezra Walian Jadi WNIFoto: ist (instagram @ezrawalian)


"Saya berharap Ezra dapat menunjukkan progress yang baik untuk Indonesia. Dan saya berpikir Ezra bukan yang terbaik di Belanda. Tapi dia di sana menunjukkan bahwa kerja keras membuahkan hasil yang baik, berlaku baik dan selalu melakukan yang terbaik. Saya pikir nilai-nilai itu yang dia dapat dari budaya Indonesia," paparnya lagi.

Setelah mengantongi Keppres tersebut, Ezra kemungkinan besar akan diturunkan di laga ujicoba melawan Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (21/3/2017).
(ads/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed