DetikSepakbola
Selasa 18 April 2017, 19:59 WIB

Soal KITAS Pemain, BOPI dan Kemenpora Tunggu Tindakan Tegas Imigrasi

Mercy Raya - detikSport
Soal KITAS Pemain, BOPI dan Kemenpora Tunggu Tindakan Tegas Imigrasi Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga masih menunggu balasan surat dari Kementerian Tenaga Kerja dan Imigrasi terkait pemain asing klub-klub peserta kompetisi LIga 1. Mereka harap ada tindakan tegas dari imigrasi dan Kemenaker kepada pemain asing yang belum punya KITAS.

Usai kasus dua pemain asing tanpa KITAS, Michael Essein dan Carlton Cole, yang diturunkan pada saat Persib menghadapi Arema FC pada laga pembuka Liga 1, Sabtu (15/4/2017), BOPI dan Kemenpora langsung mengambil tindakan tegas dengan melaporkannya kepada Kemenaker dan Imigrasi lewat suratnya yang dikirimkan Senin (17/4) sore. Selain melaporkan dua nama itu, BOPI juga mencantumkan nama pemain asing lainnya dari 11 klub, yang mereka masukkan dalam lampiran surat.

Hingga kini mereka pun masih menunggu balasan surat dan berharap ada tindakan tegas dari pihak imigrasi dan Kemenaker.

"Saya duga akan terjadi negosiasi operator/klub dengan imigrasi (setelah ada kasus ini). Karenanya saya harapkan tindakan imigrasi bisa tegas. Artinya, kita tegakan wibawa negara ini. Jangan sampai ada orang seenaknya datang dan kerja di sini, tanpa harus pegang surat izin," tegas Sekjen BOPI, Heru Nugroho, di Kantor Kemenpora, pada Selasa (18/4/2017).

Hal senada diungkapkan Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto. Dia mengatakan tidak ada niat dari Kemenpora untuk menghalangi pemain asing untuk turun di koompetisi, tetapi ada aturan yang berlaku dan harus dipatuhi.

"Kami tidak menghalangi, tapi memang aturan yang berlaku seperti itu. Tidak ada pertimbangan karena pemain terkenal atau investasi mahal," kata Gatot, dalam kesempatan yang sama.

"Ya, sikap kemenpora, kami menunggu jawaban surat dari Kemenaker dan Imigrasi yang dikirim BOPI. Kita jangan berasumsi deadline, tapi kepatuhan terhadap regulasi," tambahnya.

"Artinya jika belum ada jawaban dari imigrasi, apa yang sudah disepakati BOPI dengan PT LIB kemarin ya masih berlaku. Dalam arti pemain asing tanpa memiliki KITAS tidak boleh main di kompetisi," pungkasnya.
(mcy/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed