DetikSepakbola
Selasa 02 Mei 2017, 17:27 WIB

Kemenpora Ingin Pelaku Kekerasan di Liga 1 Disanksi Sesuai Regulasi

Amalia Dwi Septi - detikSport
Kemenpora Ingin Pelaku Kekerasan di Liga 1 Disanksi Sesuai Regulasi Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kompetisi Liga 1 sudah diwarnai aksi kekerasan. Sesmenpora Gatot S Dewa Broto ingin pelakunya disanksi dengan tegas sesuai regulasi -- tidak kurang dan tidak lebih.

Memasuki Pekan 4, sudah ada beberapa aksi kekerasan di Liga 1. Seperti yang dilakukan Ferdinand Sinaga, misalnya. Pemain PSM Makassar itu memukul pemain asing Persela Lamongan Ivan Carlos.

Atas kejadian pada pertandingan Pekan 1 tanggal 16 April lalu itu Komdis PSSI menghukum Ferdinand Sinaga dengan skors empat laga dan denda Rp 10 juta.

Ada pula tindakan kapten PS TNI Abduh Lestaluhu yang memukul wajah pemain Bhayangkara FC Thiago Furtuoso, lalu memprotes keras wasit. Abduh dapat kartu merah di laga itu dan pekan ini Komdis berencana membahas kasusnya.

Aksi-aksi tidak patut itu sebelumnya sudah memicu reaksi keras Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi yang mengancam untuk memberi sanksi berupa pelarangan bermain seumur hidup jika pemain terbukti melakukan kekerasan di pertandingan.

Gatot sendiri kurang sepakat dengan hukuman macam itu. Ia hanya mengharapkan hukuman yang diterima para pelaku itu diambil dengan tegas tanpa pengecualian, tapi masih sesuai kadar kesalahan mereka dan regulasi yang ada.

"Dalam konteks tidak melulu berlebihan menerapkan sanksi yang terpenting mengikuti regulasi, kalau kejadian apa sanksinya apa, tidak perlu sampai sanksi seumur hidup," kata Gatot saat ditemui di Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2017)

"Seperti kemarin Ferdinand berani tidak PSSI menerapkan seperti itu. Intinya jangan terlalu berlebihan dan ikuti saja regulasinya saat ini PSSI diuji untuk berani tidak menerapkan regulasi itu.

"Sekarang untuk Abduh kita lihat apakah PS TNI berani menerapkan hal seperti itu publik sudah kritis dan aware pemerintah setuju diterapkan sanksi konsisten sesuai regulasinya," ucapnya.



(ads/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed