DetikSepakbola
Jumat 19 Mei 2017, 09:25 WIB

Komdis Jatuhkan Hukuman pada Manahati dan Boaz

Amalia Dwi Septi - detikSport
Komdis Jatuhkan Hukuman pada Manahati dan Boaz Foto: Amalia Dwi Septi
Jakarta - Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan sanksi usai menggelar sidang di pekan ketiga bulan Mei. Manahati Lestusen dan Boaz Solossa mendapat hukuman di sidang kali ini.

Hal itu merupakan keputusan sidang yang digelar Komdis pada Kamis (18/5/2017) malam. Dalam sidang itu dihadiri oleh Ketua Komdis Asep Edwin, Wakil Ketua Komdis Umar Husin dan beberapa anggotanya, Yusuf Bachtiar, Dwi Irianto, dan Eko Hendro Prasetyo.

Keputusan yang pertama adalah memberikan sanksi berupa pelarangan bermain kepada pemain PS TNI, Manahati Lestusen selama tiga pertandingan dan denda Rp 10 juta.

Hukuman itu diberikan karena Manahati telah melakukan tindakan tidak sportif, dengan mencekik pemain PSM Makassar Marc Klok saat laga yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong pada Senin (15/5) kemarin. Namun begitu, keputusan tersebut masih bersifat keputusan sela.

Komdis juga memberikan hukuman kepada Boaz. Kapten Persipura Jayapura itu diskors bermain di dua pertandingan Liga 1 karena dinilai melakukan protes berlebihan kepada asisten wasit.

Tak hanya pemain, Komdis PSSI juga memberikan hukuman kepada pelatih Borneo FC Dragan Djukanovic. Dia dilarang mendampingi tim selama dua pertandingan dan denda Rp 10 juta karena aksinya melakukan protes berlebihan kepada wasit.

Berikut 12 Keputusan Komdis PSSI:

1. Putusan Sementara terhadap pemain PS. TNI Sdr. Manahati Lestusen dikenakan sanksi 3 kali larangan bermain pada kompetisi Liga 1 tahun 2017 dan denda Rp. 10.000.000,- karena mencekik pemain PSM Makassar Sdr. Marc Anthony Klok.

2. Putusan Sementara terhadap pemain Mojokerto Putra Sdr. Indra Setiawan dikenakan sanksi 3 kali larangan bermain pada kompetisi Liga 2 tahun 2017 dan denda Rp. 10.000.000,- karena dengan sengaja mengangkat kaki terlalu tinggi hingga mengenai pemain Persik Kediri Sdr. Febly Gushendra.

3. Pemain Persipura Jayapura Sdr. Boaz Solossa dikenakan sanksi berupa larangan bermain di liga 1 sebanyak 2 (dua) kali karena melakukan protes berlebihan terdapat Asisten Wasit 2.

4. Pemain Perseru Serui Sdr. Moch. Zawnuri dikenakan sanksi berupa larangan bermain di liga 1 sebanyak 5 (lima) kali dan denda Rp. 10.000.000,- karena menyikut pemain PSM Makassar Reinaldo Ellias Da Costa.

5. Pelatih PBFC Dragan Djukanovic dikenakan sanksi berupa larangan mendapingi tim sebanyak 2 (dua) kali dan denda 10.000.000,- karena keluar dari area teknik dan melakukan protes berlebihan terhadap wasit.

6. Panitia Pelaksana Pertandingan Persela Lamongan dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena penonton menyalakan flare.

7. Panitia Pelaksana Pertandingan PS. Bangka dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena penonton PS. Bangka melakukan pelemparan botol ke bench 757 Kepri.

8. Panitia Pelaksana Pertandingan Mojokerto Putra dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena penonton melakukan pelemparan botol ke bench Kalteng Putra.

9. Panitia Pelaksana Pertandingan Persipur Purwodadi dikenakan sanksi denda Rp. 15.000.000,- karena penonton masuk hingga sentel ban dan melakukan pelemparan ke arah bench pemain Persis Solo.

10. Tim Persis Solo dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena supporter Persis Solo masuk ke dalam lapangan untuk melakukan selebrasi gol.

11. Panitia Pelaksana Pertandingan Persibas Banyuwangi dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena penonton yang tidak teridentifikasi menyalakan flare.

12. Panitia Pelaksana Pertandingan Persebaya Surabaya dikenakan sanksi denda Rp. 15.000.000,- karena supporter menyalakan flare.



(ads/cas)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed