DetikSepakbola
Kamis 13 Juli 2017, 20:54 WIB

Piala AFF U-15

Indonesia Digilas Australia 3-7

Yanu Arifin - detikSport
Indonesia Digilas Australia 3-7 Timnas U-16 Indonesia (Foto: Tim Media PSSI)
Chonburi - Indonesia gagal menang kemenangan untuk ketiga kalinya di Piala AFF U-15 2017. Sempat unggul dua gol lebih dulu, 'Merah Putih' malah digilas 3-7 oleh Australia.

Bertanding di Chonburi Campus Stadium 1, Kamis (13/7/2017), Indonesia langsung unggul cepat pada menit kedua lewat Amiruddin Bagus. Keunggulan itu digandakan pada menit kedelapan kembali lewat gol kedua Bagus.

Tapi keunggulan itu hanya bertahan dua menit karena Australia bisa menyamakan skor dengan cepat di menit ke-9 dan ke-10 lewat gol Trent Osler dan Noah Botic. Di menit ke-12, Australia bahkan berbalik unggul 3-2 lewat James Sepping.

Australia menjauhkan keunggulan pada menit ke-30 lewat gol kedua Botic. Lima menit berselang, Birkan Kirdar ikutan-ikutan mencetak gol ke gawang Ahludz Dzikri sehingga Indonesia tertinggal 2-5 di babak pertama.

Babak kedua dimulai, Indonesia melakukan pergantian pemain. Rendy Juliansyah masuk menggantikan Brylian Aldama, sementara Pualam Bahri menggantikan Dzikri yang cedera.

Namun pada menit ke-55, Indonesia kembali kebobolan oleh aksi Ryan Teague. Semenit berselang, Australia nyaris mencetak gol lagi andaikan bola tak membentur mistar gawang.

Indonesia sempat memperkecil kedudukan jadi 3-6 setelah Bagus mencetak hat-tricknya di menit ke-62. Tapi lagi-lagi Australia menjauh tiga menit berselang lewat gol Stephan De Robillard.

Di menit-menit akhir, Indonesia sempat dihadiahi penalti. Namun David Maulana gagal mengonversinya menjadi gol karena bola diblok Jamie Signorello. Indonesia akhirnya kalah 3-7.

Hasil ini membuat Indonesia makin kecil peluangnya lolos ke semifinal. Pasalnya hingga pertandingan ketiga, Indonesia ada peringkat lima dengan satu poin, hasil sekali imbang dan dua kali kalah. Sementara Myanmar di posisi kedua klasemen punya tujuh poin.

Untuk lolos sebagai runner-up, Indonesia masih harus berharap Myanmar, Australia (enam poin) di posisi ketiga dan Laos (tiga poin) di posisi keempat gagal menang di dua laga terakhirnya. Sementara, Thailand jadi pemuncak klasemen dengan sembilan poin

Susunan Pemain

Australia: Jamie Signorello, Mark Peter Natta, Thomas Robin Main, Isaac Joseph Hovar, Birkan Kirdar, Ryan Teague, Luke Duzel, Noah Vinko Botic, Trent Ostier, Lachian James Sepping

Indonesia: Ahludz Dzikri, Mochamad Yudha, Ahmad Rusadi, Miftahul Husyen, Miftakhul Septa, Muhammad Reza, Andre Oktaviansyah, Brylian Negiehta, David Maulana, Fadilah Nur Rahman, Aminuddin Bagus



(mrp/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed